Lihat ke Halaman Asli

Paman Birin Inginkan Masyarakat Gembira Sambut Pesta Demokrasi

Diperbarui: 24 September 2018   16:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gubernur Kalimantan Selatan - Sahbirin Noor, saat menadatangani Deklarasi Kampanye Damai di Siring 0 Kilometer (23/09)

Gubernur Kalimantan Selatan - Sahbirin Noor, saat menandatangi Deklarasi Kampanye Damai di Siring 0 Kilometer (23/09)

Gubernur Kalimantan Selatan - Sahbirin Noor meminta masyarakat yang termasuk dalam pemilih pada Pemilu tahun depan, dapat memaknai pesta demokrasi sebagai ajang yang membawa kegembiraan bagi rakyat Indonesia. Mengingat, pemilihan tersebut akan membawa banyak hasil, seperti dipilihnya Wakil Rakyat di tingkat provinsi maupun pusat, hingga Presiden RI untuk periode 5 tahun yang akan datang.

Hal itu diungkapkan pria yang akrab disapa Paman Birin itu, usai melepas peserta kirab Deklarasi Kampanye Damai di Siring 0 Kilometer, Jl. Jend. Soedirman Banjarmasin tadi pagi, Minggu (23/09). 

Dalam kesempatan itu Ia mengungkapkan, bahwa pesta demokrasi tidak melulu diisi dengan upaya saling raup suara dari pendukung. Namun sejatinya harus menjadi pesta yang benar-benar menggambarkan kegembiraan masyarakat menyambut pemilihan umum di negeri ini. "Siapapun dia, yang dipilih oleh rakyat. Baik DPD, DPR RI, DPRD hingga Presiden, semuanya adalah pemimpin yang harusnya membawa kegembiraan," tuturnya.

Deklarasi Kampanye Damai yang menjadi awal bagi dimulainya masa kampanye juga terus diingatkannya untuk tidak dicederai, dengan hal-hal yang dapat berimbas pada timbulnya perpecahan persatuan dan kesatuan bangsa. Ia mengatakan, "pernyataan  yang sudah diucapkan dan dibubuhi tandatangan harus berasal dari hati yang paling dalam." Apalagi Kalimantan Selatan juga merupakan daerah yang dikenal dengan eratnya rasa persatuan masyarakatnya, yang tidak seharusnya dapat dipecah belah dengan mudah oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Pembubuhan tandatangan Deklarasi Kampanye Damai pagi ini diikuti oleh 16 partai politik dan 14 Calon Anggota DPD RI, yang sebelumnya juga mengucapkan janji kampanye damai di hadapan seluruh hadirin. Di antaranya Gubernur Kalimantan Selatan - Sahbirin Noor, Kapolda - Yazid Fanani, Danrem 101/Ant - Syaiful Rahman, Ketua KPU Provinsi - Edy Ariansyah, Ketua Bawaslu - Iwan Setiawan serta perwakilan dari Pengadilan dan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan. "Mari kita bersama-sama melaksanakan Pemilu 2019 dengan aman, nyaman, damai dan bergembira," pungkas Paman Birin yang mengakhiri sesi wawancara dengan awak media.(Ev)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline