Lihat ke halaman asli

Supartono JW

Pengamat

TERVERIFIKASI

Niat berbagi

Selamat Jalan Bob Hasan, Sepak Bola Akar Rumput pun Bangga Padamu

Diperbarui: 31 Maret 2020   15:43

Sumber: kabar24.bisnis.com

Bila Anda sekarang menjadi penggiat (pembina/pelatih) sepak bola akar rumput, wajib tahu kisah kepedulian almarhum Bob Hasan untuk SSB. Baca!

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, selamat jalan Bapak. Semoga Bapak ditempatkan bersama orang-orang yang dicintai Allah. Aamiin. 

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Bob Hasan telah menghadap yang kuasa. Almarhum yang lahir di Jakarta, 24 Februari 1931 tersebut mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Pusat Angkatan Daerah (RSPAD), Jakarta, Selasa (31/3/2020), pada pukul 11.00 WIB. 

Mengingat Almarhum, mungkin tidak banyak penggiat sepak bola akar rumput yang tahu, bahwa PB PASI yang dipimpinnya pernah menjadi pendukung utama Sekolah Sepak Bola di masa Direktur Pembina Usia Muda PSSI di jabat oleh almarhum Ronny Pattinasarany. 

Saat itu, Sejak Desember 1999, PB PASI bahkan mendukung 16 SSB se-Jabodetabek yang direkomendasi oleh Ronny. 

Inilah artikel menyoal dukungan PB PASI yang saya tulis di Tabloid Olah raga GO, Selasa (14/12/1999). Sumber: doc. Supartono JW

Dukungan berupa 2 pelatih atletik yang hadir langsung ke SSB yang ditunjuk untuk memberikan pelatihan khusus cara "berlari" dan menu atletik lain yang mendukung sepak bola, sesuai cara yang benar dan peralatan latihan SSB. 

Kemudian dalam waktu yang telah ditentukan, dipandu dan diselaraskan dengan program PB PASI, maka SSB-SSB terpilih tersebut mengikuti agenda kejuaraan atletik, utamanya lari dalam berbagai nomor antar SSB. Pemain SSB yang memiliki bakat lari pun dibina oleh PB PASI. 

Sayang, kerjasama yang berlangsung dua tahun tersebut, tidak berlanjut, seiring almarhum Ronny lengser dari Direktur Pembina Usia Muda PSSI. 

Saat, semasa kerja sama masih berlangsung, menurut pemilik SSB Sukmajaya, Supartono, Selasa (31/3/2020), kerjasama PSSI (Ronny) dengan PB PASI (Bob Hasan) sangat luar biasa manfaatnya. 

Lari yang menjadi pondasi semua jenis olah raga, ternyata begitu para pelatih khusus lari dari PB PASI dikirim ke SSB, pun yang menggaji mereka tetap PB PASI, sangat meringankan beban para pelatih SSB. 

Di samping itu, ditangani para pelatih lari yang benar dan profesional, bahkan SSB Sukmajaya pun langsung ditangani oleh Bapak Ikin, pelatih yang merupakan mantan atlet atletik nasional yang juga menjadi pelatihnya Lalu Mohammad Zohri peraih juara dunia junior lari 100 m  tahun 2018. 

Video Pilihan
Halaman Selanjutnya

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline