Lihat ke Halaman Asli

siti rokoyah

Mahasiswa Prodi Hukum 2019 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Program Inovatif Mahasiswa KKN-T Mandiri Umsida Turut Mensukseskan BIAN

Diperbarui: 22 Agustus 2022   08:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswi Kuliah Kerja Nyata Terpadu Mandiri ( KKN - T ) Mandiri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) turut membantu para Kader Posyandu dan juga Petugas Puskesmas Karang Malang dengan membuat inovasi KKN-T Mandiri di Desa Bubakan Kecamatan Mijen Kota Semarang pada hari sabtu,(06/08). 

Program BIAN ( Bulan Imunisasi Anak Nasional ) yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 di seluruh wilayah Indonesia , KKN-T Mandiri ini turut membantu program pemerintah yang dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia untuk melindungi anak Indonesia dari penyakit seperti Campak, rubella, Polio, Difteri, Hepatitis B, Pneumonia dan juga Meningitis . BIAN sendiri dilakukan tahun ini untuk mengejar cakupan imunisasi rutin yang turun sejak adanya pandemic Covid -- 19 . Dengan adanya inovasi yang dibuat oleh mahasiswi KKN-T Mandiri ini  dapat membantu dan membuat masyarakat lebih aware terhadap pentingnya imunisasi sejak dini pada anak. 

Inovasi yang dilakukan yaitu dengan cara membuat tempat Posyandu lebih menarik perhatian anak -- anak , dibuat nyaman dengan musik dan lagu anak -- anak serta dibuat makanan pendamping dan snack yang lucu sebagai jamuan bagi anak-anak yang sudah melakukan imunisasi , mahasiswi Umsida juga berinisiatif untuk memberikan balon sebagai hadiah bagi anak-anak yang sudah berani imunisasi. Dengan adanya inovasi tersebut para orang tua lebih mudah untuk membawa anak-anaknya ke posyandu setempat tanpa adanya paksaan. 

whatsapp-image-2022-08-11-at-17-19-06-6300834b3555e45e7d2d0ea3.jpeg

Sebelum melakukan Program Bian, Siti Rokoyah, Mahasiswi Prodi Hukum itu melakukan penyuluhan dengan warga sekitar yang menjelaskan tentang pentingnya imunisasi sejak dini pada anak. " Dengan suksesnya acara BIAN ( Bulan Imunisasi Anak Nasional ) ini nanti, kita sebagai generasi penerus berharap agar anak-anak nanti dapat tumbuh sehat dan cerdas agar dapat membantu Indonesia menjadi lebih baik lagi di masa depan," tuturnya saat melakukan penyuluhan.  Pada saat pelaksanaan berjalan dengan sangat lancer , didukung oleh para orang tua yang kooperatif serta tenaga medis yang cekatan dan juga para Kader Posyandu yang membuat suasana menjadi ceria sehingga anak-anak tidak merasa takut untuk melakukan imunisasi.

pembuatan-balon-untuk-program-bian-6302dde73555e47830287883.jpeg




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline