Lihat ke Halaman Asli

Siti Fitriah

Mahasiwa S1 Prodi Ekonomi Syariah di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dalam Bisnis

Diperbarui: 22 Desember 2021   12:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Loyalitas pelanggan merupakan salah satu bagian penting agar bisnis bisa berjalan lancar. Perusahaan akan berlomba-lomba untuk menciptakan pelanggan yang loyal terhadap perusahaan mereka. Membangun loyalitas pelanggan bukan hal yang mudah. Berikut indikator penting yang harus diperhatikan untuk mencapai loyalitas pelanggan:

1. Nilai Pelanggan

Nilai pelanggan merupakan persepsi pembeli tentang  sebuah perbandingan kualitas dan manfaat sebuah produk yang mereka dapatkan dengan pengorbanan mereka untuk mendapatkan manfaat produk tersebut.. Nilai pelanggan berkaitan dengan proses memberi dan menerima yang dialami pelanggan.

Jika  manfaat yang diterima pelanggan lebih tinggi dibandingkan dengan perngorbanan yang dikeluarkan, maka perusahaan sudah berhasil untuk menciptakan nilai pelanggan. Sebaliknya, jika manfaat yang diterima pelanggan lebih kecil dibandingkan dengan perngorbanan yang dikeluarkan, maka pelanggan akan kecewa dan tidak akan tercipta nilai pelanggan.

2. Kepuasan Pelanggan

Terciptanya kepuasan pelanggan dapat menciptakan loyalitas pelanggan dan menciptakan rekomendasi dari mulut ke mulut (word of mouth). Kepuasan pelanggan bisa dicapai dengan menciptakan produk yang berkualitas, menciptakan suasana toko yang bersih, rapi dan nyaman, pelayanan yang baik, menerima kritik dan saran dengan bijak agar bisa berinovasi dan melakukan perbaikan secara terus menerus.

3. Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan merupakan kecenderungan pelanggan untuk memilih produk perusahaan tertentu dibandingkan dengan produk perusahaan pesaing. Pelanggan yang loyal akan berkomitmen penuh terhadap suatu perusahaan dengan suatu bukti:

  1. Melakukan pembelian secara konsisten dan berulang
  2. Menyarankan orang terdekat atau orang lain
  3. Menunjukkan untuk tidak tertarik dengan produk pesaing

Demikian artikel mengenai upaya meningkatkan loyalitas pelanggan.

Artikel ini ditulis untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Pemasaran Syariah dengan dosen pengampu Bapak Dr. H. Syaeful Bahri, S.Ag., M.M.

Sumber: Restuadhi, Yulianta, dkk. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Siliwangi Semarang: Semarang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline