Mohon tunggu...
Siti Fitriah
Siti Fitriah Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiwa S1 Prodi Ekonomi Syariah di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

#food #fashion #lifestyle #makeup #skincare #ekonomi

Selanjutnya

Tutup

Money

Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dalam Bisnis

22 Desember 2021   10:54 Diperbarui: 22 Desember 2021   12:21 439
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Loyalitas pelanggan merupakan salah satu bagian penting agar bisnis bisa berjalan lancar. Perusahaan akan berlomba-lomba untuk menciptakan pelanggan yang loyal terhadap perusahaan mereka. Membangun loyalitas pelanggan bukan hal yang mudah. Berikut indikator penting yang harus diperhatikan untuk mencapai loyalitas pelanggan:

1. Nilai Pelanggan

Nilai pelanggan merupakan persepsi pembeli tentang  sebuah perbandingan kualitas dan manfaat sebuah produk yang mereka dapatkan dengan pengorbanan mereka untuk mendapatkan manfaat produk tersebut.. Nilai pelanggan berkaitan dengan proses memberi dan menerima yang dialami pelanggan.

Jika  manfaat yang diterima pelanggan lebih tinggi dibandingkan dengan perngorbanan yang dikeluarkan, maka perusahaan sudah berhasil untuk menciptakan nilai pelanggan. Sebaliknya, jika manfaat yang diterima pelanggan lebih kecil dibandingkan dengan perngorbanan yang dikeluarkan, maka pelanggan akan kecewa dan tidak akan tercipta nilai pelanggan.

2. Kepuasan Pelanggan

Terciptanya kepuasan pelanggan dapat menciptakan loyalitas pelanggan dan menciptakan rekomendasi dari mulut ke mulut (word of mouth). Kepuasan pelanggan bisa dicapai dengan menciptakan produk yang berkualitas, menciptakan suasana toko yang bersih, rapi dan nyaman, pelayanan yang baik, menerima kritik dan saran dengan bijak agar bisa berinovasi dan melakukan perbaikan secara terus menerus.

3. Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan merupakan kecenderungan pelanggan untuk memilih produk perusahaan tertentu dibandingkan dengan produk perusahaan pesaing. Pelanggan yang loyal akan berkomitmen penuh terhadap suatu perusahaan dengan suatu bukti:

  1. Melakukan pembelian secara konsisten dan berulang
  2. Menyarankan orang terdekat atau orang lain
  3. Menunjukkan untuk tidak tertarik dengan produk pesaing

Demikian artikel mengenai upaya meningkatkan loyalitas pelanggan.

Artikel ini ditulis untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Pemasaran Syariah dengan dosen pengampu Bapak Dr. H. Syaeful Bahri, S.Ag., M.M.

Sumber: Restuadhi, Yulianta, dkk. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Siliwangi Semarang: Semarang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun