Lihat ke Halaman Asli

Problematika Remaja Milenial

Diperbarui: 14 Mei 2021   13:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

TUGAS PENDIDIKAN KELUARGA

SITI SALMA AISYA (20005063)

PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

UNIVERSITAS NEGERI PADANG

"PROBLEMATIKA REMAJA MILENIAL"

Masa remaja merupakan masa yang sangat penting, sangat kritis dan sangat rentan, karena bila manusia melewati masa remajanya dengan kegagalan, dimungkinkan akan menemukan kegagalan dalam perjalanan kehidupan pada masa berikutnya. 

Sebaliknya bila masa remaja itu diisi penuh kesuksesan, kegiatan yang sangat produktif dan berhasil guna dalam rangka menyiapkan diri untuk mamasuki dalam tahap kehidupan selanjutnya, dimungkinkan manusia itu akan mendapatkan kesuksesan dalam perjalan hidupnya. Dengan demikian, masa remaja menjadi kunci sukses dalam memasuki tahapan kehidupan selanjutnya.

G.Stanley Hall dalam Syamsul Yusuf seorang ahli psikologi remaja mengatakan remaja berada dalam dua situasi. Yaitu dalam lingkungan kondusif maupun tidak kondusif. Artinya apabila remaja berkembang dalam lingkungan yang kondusif, mereka akan memperoleh sifat-sifat yang positif yang bisa mengembangkan nilai-nilai. 

Begitu pula sebaliknya apabila remaja berkembang dalam lingkungan tidak kondusif, mereka akan mendapatkan nilai-nilai yang negative. Hal ini bisa di katakan berpengaruh terhadap keluarga dan lingkungan hidupnya, apakah remaja tersebut hidup di lingkungan yang kondusif ataupun tidak yang akan membawa perilaku mereka yang positif atau negatif.

Masa remaja adalah masa yang penuh gejolak emosi dan ketidakseimbangan yang tercakup dalam "strom and stress" sehingga remaja mudah terkena pengaruh oleh lingkungan. 

Hal ini disebabkan karena pada masa tersebut, remaja berada dalam kondisi yang tidak menentu, pertentangan-pertentangan dan krisis penyesuaian diri, kecenderungan mengalami peningkatan konflik dengan orangtua, impian dan khayalan, perilaku berpacaran dan percintaan, serta keterasingan dari kehidupan dewasa dan norma kebudayaan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline