Lihat ke Halaman Asli

Perlunya Keseimbangan Kebutuhan Jasmani dan Rohani

Diperbarui: 22 Februari 2023   04:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Manusia diberikan bentuk tubuh yang sempurna sehingga berbeda dengan makhuk hidup lainnya. Tentunya manusia perlu memberikan perhatian terhadap kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Kebutuhan jasmani tentunya kita dapat memenuhinya setiap hari seperti makan, minum, istirahat, hiburan, liburan, olah raga, kesenian, dan lain lain. Sementara kebutuhan rohani terkadang kita melupakannya. Kebutuhan rohani seperti ibadah, komunikasi, refreshing, ketenangan hidup, dan lain. Padahal kita harus memenuhi kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani sdcara seimbang.

Perlunya kita sadari bahwa keseimbangan kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani ini sangat urgen agar hidup bahagia, barokah, dan ceria. Seseorang yang hanya memenuhi kebutuhan jasmani saja tanpa memenuhi kebutuhan rohani akan terjadi ketidakseimbang pada dirinya. Begitu pula bila kebutuhan rohani dipenuhi namun kebutuhan jasmani tidak dipenuhi maja orang itu kurang sehat tubuhnya. 

Jasmani dan rohani merupakan dua bagian yang ada didalam tubuh manusia yang harus dipenuhi kebutuhannya sehingga keseimbangan dan ketenangan dirinya akan terlihat dengan baik. Kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani harus saling mendukung kesehatan dan ketengan pribadi orang tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline