Lihat ke Halaman Asli

Hong Wan Resmi Menjadi Pemain Termuda Wolverhampton

Diperbarui: 27 Mei 2019   18:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

wolves.co.uk

Sang Kapten tim Yeovil Town U-18 yang saat ini berumur 18 tahun resmi di kontrak oleh Wolverhampton selama 2 tahun. Pemain berdarah campuran Cina-Malaysia jebolan akademi sepak bola Charlton Athletic itu akan masuk skuat Wolverhampton U-23.

Pelatih lama Hong Wan di Charlton, Peter Lodge berkata, " Ia adalah pemain berkostum nomor 4 terbaik yang pernah saya bimbing, saya begitu menikmati prosesnya." Hong memang lahir di London, Inggris, akan tetapi ia merupakan keturunan Malaysia-China yang cinta akan asal leluhurnya. 

Kepala Akademis Scott Sellar berkata, " Setiap pemain baru datang ke akademi akan melalui pengamatan dan uji kelayakan atas kemampuan mereka, itu yang pertama. Tetapi seiring berlatih bersama kami, saya baru sadar bukan hanya kemampuan mengolah bolanya yang baik, ia pun punya personalitas yang baik, dan sangat cinta sepak bola. Kita berharap ia bisa membawa kualitasnya ini ke Wolves dan ia sanggup menjalani seluruh program akademi dan maju ke skuat utama."

Memang pada akademi besar seperti Wolverhampton, mereka tidak hanya menyiapkan pemain untuk menembus skuat utama, tetapi juga memikirkan jenjang karir mereka di sepakbola profesional. Dan karena investor besarnya adalah Fosun, ada kapital besar dalam membangun dan melatih para pemain muda keturunan China.

Dari semua aspek, terlihat bahwa investasi dari perusahaan asal Tiongkok itu menguntungkan banyak pihak. Wolves akan mendapatkan bibit-bibit yang sebelumnya tak terlihat, dan para pemuda bisa berkesempatan berkarir dan mengembangkan bakat dan skill-nya.

Hong yang mengisi posisi pemain tengah berkata, " Ini adalah kesempatan besar bagiku dan aku sangat berterima kasih pada kesempatan yang telah di berikan padaku untuk berlatih di klub besar seperti ini. Kita semua lihat bagaimana permainan Wolverhampton musim ini di Premier League, dan bukan hanya skuat utama, tim U-23-nya pun tampil begitu gemilang. Ini adalah klub hebat yang sedang menanjak naik. Saya merasa sangat baik turut dalam proses ini."

Fosun yang merupakan pemegang saham terbesar Wolves saat ini memberikan statement jelas tentang kebijakan yang mereka ambil ini. Keinginan mereka untuk melatih banyak pemain muda berdarah cina tujuannya adalah menarik fans baru dari China. Dengan banyaknya jumlah penduduk disana dan belum banyak yang terjamah, itu adalah market yang sangat besar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline