Lihat ke Halaman Asli

Sihol Hasugian

Pembelajar Administrasi Publik; Sport Enthusiast.

Legenda Bulutangkis Indonesia Markis Kido Tutup Usia

Diperbarui: 15 Juni 2021   00:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pasangan ganda putra Indonesia, Markis Kido/Hendra Setiawan, saat bertanding melawan Jepang pada Piala Sudirman 2009.(KOMPAS/AGUS SUSANTO)

Berita dukacita, legenda bulutangkis Indonesia Markis Kido meninggal dunia. Kabar meninggalnya Markis Kido ini disampaikan oleh akun Twitter @INABadminton, Senin (14/6/2021)

"Innailahi wa inna ilaihi rajiun. Telah meningga dunia salah satu pahlawan bulutangkis Indonesia, peraih emas Olimpiade Beijing 2008, Markis Kido. Semoga almarhum mendapat tempat terbaik di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Selamat jalan Kido !".

Kabar ini pun sontak mengejutkan para pecinta bulutangkis tanah air. Banyak kalangan yang tidak menyangka kepergian mantan pasangan Hendra Setiawan itu.

Apalagi pada sore hari, Markis Kido diketahui masih aktif di instagram.  Bahkan sebelum menghembuskan nafas, kakak kandung dari Bona Septano itu masih bermain bulutangkis.

Hal ini diketahui berdasarkan pengakuan dari Candra Wijaya.

"Menurut Candra Wijaya, Kido memang terbiasa main setiap Senin di GOR Petrolin, Tangerang. Saat baru bermain set, pas pinda tempat dalam kondisi 15-8, Kido tiba-tiba saja sudah jatuh tidak normal ke depan. Dia mulai tidak sadar. Kido meninggal saat dilarikan ke rumah sakit," demikian pengakuan Candra Wijaya sebagaimana dikutip dari akun Twitter @ainurrohman.

Hendra Setiawan lewat akun instagramnya pun turut menyampaikan dukacita mendalam.

Dalam postingan itu, Hendra mengucapkan terima kasih kepada Kido yang telah jadi teman bermain lebih dari satu dekade.

"Kido salah satu pemain yang luar biasa dan sangat bertalenta. Saya ingin mengucapkan terima kasih karena sudah menjadi partner yang baik buat saya dalam waktu menang atau pun kalah. Terimaka kasih sudah berpartner mulai dari nol dan sama-sama berjuang selama 12 tahun".

Markis Kido pernah jadi salah satu andalan bulutangkis Indonesia ketika masih berpasangan dengan Hendra Setiawan.

Momen Kemenangan Markis Kido/Hendra Setiawan di Final Olimpiade Beijing 2008/Twitter/@ainurrohman

Prestasi tertinggi di kejuaran dunia bersama Hendra diawali dengan menjuarai World Cup 2006 di Madrid. Kala itu keduanya mengalahkan ganda putra Malasya dua set langsung, 21-18 dan 21-15.

Prestasi itu tidak berhenti di situ, tahun berikutnya, Kido/Hendra berhasil kembali jadi juara di World Championships 2007.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline