Lihat ke Halaman Asli

Setiawan ArindaNugraha

Mahasiswa, Universitas Pendidikan Indonesia

KKN-T Kelompok 173 UPI Melakukan Pendampingan UMKM Tahu Pong "Si Gurilem" di Desa Sindangkasih, Kabupaten Ciamis

Diperbarui: 9 Agustus 2022   07:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Sebagai upaya dalam mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) 173 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) terjun langsung melakukan pendampingan terhadap UMKM Tahu Pong "Si Gurilem" di Desa Sindangkasih, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis Senin (08/08/2022). Target sasaran pelaku UMKM adalah usaha Tahu Pong yang dimiliki oleh bapak Mamat Rahmat.

Dokpri

UMKM Tahu Pong “Si Gurilem” berdiri sejak tahun 2015. Dalam mengembangkan usahanya, bapak Mamat telah mempekerjakan 2 karyawannya yang mampu memproduksi 20 keranjang Tahu Pong dalam sehari. 

Dengan omset mencapai 1 - 1,5 juta perhari. Selain Tahu Pong yang sudah jadi, Pak Mamat juga menjual tahu dalam bentuk mentah namun dengan jumlah penjualan yang lebih sedikit dibandingkan dengan penjualan Tahu Pong yang sudah matang. 

Pelanggannya kebanyakan adalah pedagang yang menjual produk dengan bahan dasar tahu, seperti pedagang tahu gejrot, pedagang tahu isi atau pedagang yang menjual kembali tahu pong di kios-kios pasar. Selama ini, pelaku UMKM mengaku tidak pernah melakukan branding terhadap produknya.

Dokpri

Tim KKN-T 173 UPI memberikan pendampingan terhadap UMKM Tahu Pong mengenai branding.Tujuannya adalah untuk mengembangkan pemasaran agar produk lebih banyak dikenal masyarakat dan tingkat penjualan bertambah.

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline