Lihat ke Halaman Asli

Cara Mencegah Mabuk Kendaraan

Diperbarui: 6 Oktober 2016   01:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Mabuk kendaraan merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap orang. Akan tetapi tentunya ada cara lain dalam mengantisipasi agar tidak mabuk kendaraan. Banyak sekali toko obat maupun apotik dalam menyediakan obat anti mabuk perjalanan. Selain praktis tentunya ekonomis. Namun dalam hal ini ada solusi alternatif supaya mencegah mabuk kendaraan tanpa obat anti mabuk kendaraan. 

Berikut di bawah ini beberapa cara untuk mencegah terjadinya mabuk kendaraan, diantaranya sebagai berikut : 

1. Sebelum berangkat alangkah baiknya untuk sarapan terlebih dahulu. Sarapan untuk hal ini tidak boleh berlebihan, sebab apabila kapasitas perut terisi penuh, maka resiko mabuk kendaraan alias muntah akan berlangsung.

2. Mengenakan pakaian yang hangat lagi tertutup seperti pakai jaket agar nantinya tidak masuk angin, walaupun menaiki mobil atau kendaraan tertutup. Pemakaian jaket harus menutupi lubang telinga sampai tertutup lubang telinganya. 

3. Membiasakan untuk tidur bagi yang sering mabuk kendaraan. Maksudnya bagi orang yang sering mabuk saat di perjalanan sebisa mungkin untuk tidur. Meskipun di perjalanan banyak pemandangan yang indah, tetapi untuk hal ini sangat diperlukan agar kepala tidak merasa pusing saat menengok ke luar kaca kendaraan. 

4. Alternatif lainnya adalah dengan menggosokan minyak kayu putih pada punggung dan perut. Cara lainnya dengan menempelkan koyo pada pusar sampai tertutup. 

5. Ada lagi solusi alternatifnya yakni dengan meminum minuman bersoda atau berkarbonasi.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline