Lihat ke Halaman Asli

Sari Aquarius

Pelukis dan penulis

Google Merayakan Warisan Penemu Bola Basket Dr. James Naismith

Diperbarui: 15 Januari 2021   19:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber photo : www.digpu.com


Menurut Dr. Naismith, bola basket adalah olahraga yang sempurna bagi semua orang untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental

Google hari ini memamerkan orat-oret untuk merayakan Dr. James Naismith adalah pendidik, profesor, dokter, dan pelatih olahraga Kanada-Amerika yang menemukan permainan bola basket.

Dr. Naismith lahir pada tanggal 6 November 1861 di Ontario, Kanada. Dia memiliki gelar sarjana dalam pendidikan jasmani dan diploma dari Montreal Presbyterian College. Dia mengajar pendidikan jasmani di McGill University di Montreal dan menjabat sebagai direktur pendidikan jasmani.

Pada tahun 1890, Naismith mengajar di YMCA International Training College di Springfield, di mana dia diminta untuk mengembangkan permainan dalam ruangan untuk mengontrol pemain sepak bola selama musim dingin. Dengan beradaptasi dengan beberapa elemen dalam permainan yang berbeda, ia menemukan permainan bola basket pada tahun 1891. Oleh karena itu, dengan dua keranjang persik, satu sepak bola dan hanya sepuluh aturan, lahirlah permainan "bola basket".

Permainan awalnya terdiri dari 9 pemain dan menggabungkan berbagai elemen olahraga luar ruangan seperti sepak bola Amerika, sepak bola, dan hoki. Olahraga ini menjadi sangat populer pada tahun-tahun berikutnya, dan pada tahun 1936, bola basket tampil pertama kali di Olimpiade di Berlin, Jerman. Dalam debut Olimpiade-nya, Dr. James Naismith sebagai petunjuk memulai gim pertama.

Menurut Dr. Naismith, bola basket adalah olahraga yang sempurna bagi semua orang untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Sepanjang hidupnya, ia telah mengambil tindakan untuk membantu bola basket menarik lebih banyak orang muda, dan sejak itu berkembang menjadi fenomena global yang melintasi batas etnis dan gender.

Dr. Naismith meninggal pada 28 November 1939 di Lawrence, Kansas. Dia dihormati oleh Naismith Memorial Basketball Hall of Fame di Springfield, Massachusetts.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline