Lihat ke Halaman Asli

Reno Dwiheryana

TERVERIFIKASI

Blogger/Content Creator

Promosi Murah dan Mudah Cara Apple

Diperbarui: 4 Mei 2023   11:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi Produk Apple (AppleToolBox)


Lama juga tak menulis di Kompasiana. Dikarenakan ada kesibukan bareng teman dan momentum Bulan Ramadhan maka Penulis pun memutuskan untuk rehat menulis. Dikala bara untuk menulis di Kompasiana kian redup, memang cukup sulit untuk kembali memulai agar giat lagi.

Kali ini Penulis ingin membahas prihal marketing. Dikutip dari Wikipedia, "Marketing atau pemasaran adalah aktivitas dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum". 

Dan salah satu kegiatan dari marketing ialah promosi, yaitu upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.

Contoh kegiatan promosi paling umum ialah dengan cara beriklan baik itu di beragam media, cetak maupun elektronik. Cara ini digadang-gadang merupakan cara paling ampuh, mudah, dan cepat agar produk yang ditawarkan menjangkau orang banyak. Namun perlu diperhatikan bahwa cara ini dapat memakan biaya yang sangat besar tergantung seberapa luas konsumen yang ingin dijangkau dan berapa lama jangka waktu campaign promosi dilakukan.

Bagi produsen baru atau Anda yang sedang memulai berwirausaha dimana memiliki sumber daya terbatas, menggelontorkan nominal uang dengan jumlah besar untuk promosi tentu bukan sebuah langkah bijak. Strategi dan kalkulasi yang tidak tepat serta ketidakpastian pasar dapat membuat Anda mengubur impian mencapai kesuksesan hingga gigit jari gulung tikar.

Lantas apa yang perlu Anda lakukan? Di satu sisi sumber Anda terbatas, sedangkan di sisi lain produk atau jasa yang Anda kembangkan harus bisa menjangkau orang banyak atau dikenal luas.

Untuk menjawab pertanyaan diatas, Penulis mengajak pembaca untuk mengarahkan haluan pada brand Apple.

Kiranya siapa yang tidak mengenal Apple, produsen teknologi mendiang Steve Jobs yang terkenal akan inovasi produk-produknya seperti Macbook, iMac, iPhone, dan sebagainya.

Jika Anda pernah membeli produk Apple, tentu tidak asing dengan stiker logo Apple yang disematkan dalam paket penjualannya. Lalu pertanyaannya ialah mengapa perusahan sebonafit Apple masih melakukan hal tersebut (menyematkan stiker logo Apple)?

Dengan Apple setenar di seluruh penjuru muka bumi sekarang ini, mungkin dari Anda pembaca berpikiran bahwa langkah yang Apple lakukan sesuatu yang konyol. Akan tetapi jika diamati dari sudut pandang marketing, apa yang Apple lakukan adalah sebuah langkah yang smart. Mengapa?

Smart karena Apple disaat mereka menjual produknya, namun disaat bersamaan Apple juga melakukan kegiatan promosi melalui stiker logonya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline