Lihat ke Halaman Asli

Tapanuli Utara, Sumatera Utara berduka

Diperbarui: 1 Oktober 2022   10:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

( Dokumen Tribun Kaltim )

Gempa bumi kembali terjadi di Tapanuli Utara, Sumatera Utara dinihari 1 oktober 2022. Gempa bumi ini berkekuatan magnitudo (M) 6,0. Gempa yang terjadi pada 4 km timur laut Tapanuli Utara. Pusat gemba terjadi didarat 15 km barat laut Tapanuli Utara. Gempa bumi ini terjadi pada pukul  02.50 WIB  pada kedalaman 10 kilometer. Titik gempa ada pada koordinat 2,05 lintang utara dan 98,99 bujur timur namun gempa tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Gempa ini terjadi sebanyak 4 kali.

Daerah yang sangat terasa terjadi di Tarutung, Singkil, Sipahutar, Tapaktuan, Silangit, dan Gunung Sitoli. Kerusakan terjadi dimana bangunan banyak yang retak dan roboh. Juga rel kereta api melengkung karena gempa ini. Kerusakan bangunan mulai dari ringan sampai rusak parah. Masyarakat banyak yang mengungsi dan larikeluar bangunan dikarenakan takut akan gempa susulan terjadi.

BMKG memperingatkan masyarakat agar tetap waspada dan menjauhi bangunan dan gedung bertongkat. Upaya bantuan Pemda Sumatera Utara dan BNPB terhadap masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara dengan mengungsikan mereka ketempat yang aman. Berbagai bantuan berupa makanan dan obat obatan diberikan. Upaya menghilangkan trauma diupayakan kepada masyarakat untuk menenangkan mereka.

Semoga gempa segera berakhir dan perbaikan rumah penduduk dilakukan agar masyarakat bisa kembali ke rumahnya. Semoga masyarakat Tapanuli Utara diberikan kesabaran, keselamatan dan ketentraman khususnya dalam menghadapi bencana alam ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline