Lihat ke Halaman Asli

Inilah Aplikasi Jejaring Sosial untuk Bisnis Facebook at Work

Diperbarui: 17 Juni 2015   11:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Facebook-at-Work

Inilah aplikasi jejaring sosial untuk bisnis Facebook at Work. Dinanti sejak pertengahan tahun lalu, Facebook akhirnya merilis Facebook at Work (FB@Work), aplikasi jejaring sosial untuk bisnis. FB@Work diciptakan dengan berkiblat pada sistem komunikasi internal yang diterapkan Facebook. Berkomunikasi, berbagi dokumen, merencanakan rapat, dan menyebar pengumuman, dapat dilakukan secara mudah melalui aplikasi ini.

Facebook at Work menyediakan pengalaman terpisah sehingga memungkinkan karyawan untuk terhubung dan berkolaborasi secara efisien menggunakan feature-feature Facebook. Pasalnya, banyak dari pengguna yang sudah menggunakan fature-feature Facebook terdahulu seperti News Feed, Groups, Message, dan Events.

Antar rekan kerja pun tetap dapat terhubung seperti halnya mereka terhubung dengan teman dan keluarga di Facebook. Dari segi tampilan, Facebook at Work menawarkan tampilan yang tidak jauh berbeda dan terasa seperti menggunakan Facebook dan feature-feature-nya.

Yang membedakan adalah informasi karyawan di Facebook at Work akan tetap aman dan terjaga kerahasiaannya karena sepenuhnya terpisah dari profil Facebook pribadi mereka. Informasi yang dibagikan antar karyawan pun akan dapat diakses oleh orang-orang di perusahaan tersebut.

Dalam kesempatan ini, Facebook memastikan informasi yang ada pada Facebook at Work tetap aman, terjaga kerahasiaannya. Sebab, sepenuhnya terpisah dari profil Facebook pribadi dan hanya dapat diakses karyawan perusahaan.

Disejajarkan dengan jejaring sosial bisnis pendahulunya, seperti Slack dan Yammer, FB@Work menawarkan keunggulan berupa tampilan yang lebih dinamis, layaknya tampilan Facebook. Selain itu, FB@Work juga memungkinkan terjadinya kolaborasi dengan eksternal perusahaan.

“Aplikasi ini lebih familiar, karena memiliki fitur-fitur seperti Facebook, contohnya tampilan News Feed, Group, Messagge, dan Event,” kata kepala proyek FB@Work, Lars Ramussen.

Peluncuran FB@Work ini ramai dibicarakan, terutama di kalangan pebisnis. Menurut Dion Hinchcliffe, Kepala Strategi perusahaan asal San Fransisco, Adjuvi, FB@Work akan memetik keuntungan dari kepopuleran Facebook.

“Jejaring sosial untuk bisnis saat ini ramai. Namun FB@Work membawa beberapa hal baru dalam penerapannya karena memungkinkan kolaborasi eksternal,” kata Hinchcliffe.

Sementara itu, tanggapan sebaliknya datang dari Alain Mitchell, pimpinan perusahaan Huddle yang merupakan kompetitor Facebook. Menurutnya, tidak mudah melakukan transisi dari media sosial ke jejaring khusus untuk bisnis.

“Facebook harus memikirkan secara matang sebelum mempertimbangkan untuk menjamah ranah jejaring bisnis. Perlu dilakukan pematangan pada divisi TI yang mendukung fitur untuk kebutuhan jejaring bisnis,” Mitchell menjelaskan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline