Lihat ke Halaman Asli

Rustian Al Ansori

TERVERIFIKASI

Menulis kehidupan, Menghidupkan tulisan

Perpustakaan Sekolah Melayani Publik

Diperbarui: 19 Juni 2022   05:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dialog Ruang Pustaka RRI Sungailiat (dokpri)

Adalah perpustakaan sekolah SMA Negeri 1 Sungailiat, kabupaten Bangka tidak hanya melayani siswa sendiri namun juga pemustaka di luar lingkungan sekolah.

Perpustakaan ini juga melayani pengunjung yang merupakan mahasiswa, pegawai dan masyarakat umum,

Lokasi SMA Negeri 1 Sungailiat di jalan Pemuda Sungailiat yang dekat dengan beberapa sekolah serta perkantoran Pemerintah kabupaten Bangka.

Hal serupa juga dilakukan perpustakaan SD YPK Air Kenanga Sungailiat, mereka selain melayani siswa juga melayani orang tua yang sedang menunggu siswa saat menjemput sepulang sekolah.

Perpustakaan sekolah memberikan nama programnya yakni literasi bunda sambil menunggu anaknya pulang sekolah saat penjemputan, orang tua siswa bisa berada di perpustakaan sekolah sambil membaca buku.

Nenurut pustakawan kabupaten Bangka Yusnita, perpustakaan sekolah yang melayani masyarakat tidak hanya siswa yang dilayani sebagai wujud dari pelayanan publik.

Ketika dialog Ruang Pustaka Radio Republik Indonesia (RRI) Sungailiat, Yusnita menjelaskan, perpustakaan ada disetiap sekolah tapi ada yang tidak memiliki pengelolahnya.

Bila ada pengelola yang kreatif dan terus berinovasi maka perpustakaan sekolah juga bisa berkembang dalam memberikan pelayanan yakni tidak hanya di lingkungan sekolah namun juga masyarakat luas.

Pengelola perpustakaan SMA Negeri 1 Sungailiat Anisah Lestaria telah melakukan hal itu yang memberikan pelayanan tidak hanya kepada siswa sebagai pengunjung perpustakaan juga masyarakat di luar sekolah.

Anisah menjelaskan, selain siswa guru juga membutuh pelayanan untuk mendatkan buku yabg dibutuh dalam kegiatan belajar mengajar, tidak hanya untuk guru di lingkungan sendiri namun juga guru dari sekolah lain.

Sementara itu pustakawan kabupaten Bangka lainnya Fitri mengatakan, perpustakaan itu melayani dengan menyediakan berbagai bahan bacaan yang ditubutuhkan masyarakat sekolah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline