Lihat ke Halaman Asli

Ronny Rachman Noor

TERVERIFIKASI

Geneticist

Turki Dilanda Badai Inflasi Akankah Erdogan Bertahan?

Diperbarui: 3 Januari 2022   19:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Erdogan. Photo: Getty Images. 

Tahun 2023 adalah tahun kritis bagi popularitas Erdrogan karena di tahun inilah ujian terberat akan dialaminya melalui pemilu.

Erdogran mungkin masih merupakan presiden yang popular di kalangan masyarakat Turki, namun bagi masyarakat Turki kenyataan pahit sulitnya kehidupan sehari hari adalah  kenyataan yang harus diterimanya.

Nasionalisme yang ditunjukkan oleh Erdogan dalam melawan pengaruh ekonomi Amerika ternyata tidak membuahkan hasil karena ekosistem perekonomian Turki yang rapuh.

Grand design rekonstruksi ekonomi yang dilakukan Erdogan dalam menghadapi tekanan pemilu 2023 dengan cara mendorong perubahan kebijakan untuk meningkatkan sektor manufaktur dan ekspor serta mengurangi pengaruh pasar internasional pada perekonomian Turki masih mengundang tanda tanya besar.

Masyarakat Turki sudah terlanjur spektis melihat kenyataan perekonomian Turki yang semakin memburuk.

Memburuknya prekonomian Turki dapat dilihat pada tiga indikator  berikut:

Pertama :  Kenaikan harga makanan tahunan yang berkontribusi sebesar 25%,   mencapai 43,8% pada bulan Desember. Angka ini  jauh di atas perkiraan resmi bank sentral yaitu sebesar 23,4%.

Kedua:  laju inflasi energi naik menjadi 42,93% di bulan Desember dari 32,14% di bulan sebelumnya

Ketiga : Indeks inflasi tahunan menunjukkan harga selain  makanan dan energi naik 31,88% dibandingkan dengan 17,62% pada bulan November.

Secara keseluruhan angka Inflasi Turki pada bulan Desember  tertinggi  dalam kurun waktu 19 tahun. Hal ini utamanya disebabkan karena pelemahan nilai mata uang Turki Lira  dan kebijakan Recep Tayyip Erdogan yang mendorong  pinjaman murah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline