Lihat ke Halaman Asli

Ronny Rachman Noor

TERVERIFIKASI

Geneticist

Salvator Mundi Karya Misterius Leonardo da Vinci

Diperbarui: 16 November 2017   13:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salvator Mundi terjual seharga Rp. 5,85 trilyun (thesun.co.uk)

Tidak pelak lagi Salvador Mundi atau yang dikenal juga sebagai Saviour of the World karya lukisan Leonardo da Vinci yang berusia 500 tahun berhasil mengguncang dunia. Karya seni lukisan  yang menggambarkan wajah Jesus ini berhasil memuncaki harga lelang karya seni yang pernah terjual selama ini.

Minggu ini, ketika lukisan ini terjual seharga  $450 juta atau setara dengan Rp. 5.850.000.000.000 (5,85 trilyun), ruang lelang lukisan ternama dunia "Christie" langsung bergema oleh  tepuk tangan gemuruh dari pengunjung.

Lukisan karya Leonardo da Vinci memang menjadi buruan para kolektor dunia karena kualitas dan kelangkaannya.  Diperkirakan lukisan Leonardo da Vinci yang meninggal pada tahun 1519 ini hanya tersisa  sekitar 20 lukisan saja yang berhasil selamat sampai saat ini.

Mengapa istimewa ?

Lukisan yang berjudul Salvator Mundi ini diperkirakan dilukis oleh Leonardo da Vinci sekitar tahun 1505.  Banyak pakar lukisan yang meyakini bahwa Salvator Mundi dilukis langsung oleh Leonardo.

Salvator Mundi saat ini digolongkan sebagai harta karun yang hilang, sebab sejarah lukisan ini sampai muncul kembali di permukaan kanvas sangatlah panjang.

Sejarah penemuan lukisan ini memang masih misterius. Sarvator Mundi pernah menjadi koleksi Raja Charles I dari Inggris sekitar tahun 1500 an dan ditemukan kembali pada tahun 2005 lalu.

Pada tahun 1958 pada acara lelang, lukisan ini terjual hanya sekitar US$60 atau setara dengan Rp. 780.000 saja, karena memang lukisan ini penampakan tidak menarik sama sekali.  Saat itu lukisan ini dikenal sebagai lukisan pengikut Leonardo da Vinci bukan lukisan asli Leonardo. Namun ternyata di bawah lukisan yang tampak tidak menarik ini tersembunyi  lukisan Leonardo dan Vinci yang sebenarnya.

Menurut pakar lukisan dunia lukisan Leonardo dan Vinci ini memang tampak jelas ditimpa beberapa kali lukisan di atasnya termasuk di dalamnya dengan cara berkali kali mengikis lukisan yang menimpanya.

Salvator Mundi berhasil dimunculkan kembali ke permukaan. Photo: Christie

Namun akhirnya pada tahun 2005 lalu lukisan Sarvator Mundi berhasil dimunculkan kembali ke permukaan sebagaimana kondisi aslinya sekaligus menganggap bahwa karya ini merupakan karya Leonardo da Vinci yang pernah hilang dan ditemukan kembali.

Terkait dengan keaslian lukisan ini mamang masih ada kalangan yang meragukannya sampai saat ini mengingat sejarah penemuannya.  Namun akhirnya pihak pelelang terkenal dunia Christie menyatakan bahwa lukisan ini asli dilukis oleh Leonardo da Vinci sekaligus dikatakan sebagai "penemuan kembali karya seni terbesar abad 20".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline