Lihat ke Halaman Asli

Vaksin Covid untuk Kita Semua

Diperbarui: 22 April 2021   01:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Seperti yang kita ketahui virus Covid-19 sudah menyerang dunia selama setahun lebih, virus yang berasal dari Wuhan, China ini menyebar dengan sangat cepat. Bisa dibilang virus ini menjadi wabah yang paling mengerikan sepanjang tahun, tidak hanya penyebarannya yang cepat, namun virus ini pun mematikan. 

Selama satu tahun ini, manusia di hampir seluruh dunia merasakan ketakutan, kekhawatiran sepanjang hari. Setiap orang pun dipaksa untuk menjalani hidup yang lebih sehat, satu persatu peraturan wajib diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Seperti peraturan untuk memakai masker dimanapun kapanpun, wajib cuci tangan sesering mungkin, mengindari kerumunan, dan tentunya menjalani pola kehidupan yang lebih sehat. 

Tak dapat disangkal bahwa perubahan ini memang menjadi sangat aneh dan tidak biasa ketika diterapkan. Kehidupan manusia dibumi seakan berubah drastis sejak munculnya virus ini. Tentu dengan adanya virus ini banyak sekali pihak yang dirugikan, terutama Negara. 

Pemasukan Negara yang semakin sedikit karena terbatasnya kegiatan perekonomian, pariwisata,dll yang berdampak pada keuangan Negara juga, namun disisi lain Negara dipaksa untuk mengeluarkan banyak dana untuk menanggulangi kasus covid ini. Mulai dari dana untuk tenaga kesehatan, bantuan social masyarakat, dan juga bantuan untuk pendidikan.

Lebih parahnya lagi Indonesia masuk urutan Negara dengan jumlah positif covid terbanyak di dunia, oleh karena itu berakhirnya masa pandemic ini menjadi suatu hal yang dicita-citakan oleh seluruh penduduk di lapisan bumi ini. Semua berkeinginan yang sama untuk menjalani hidup dengan normal seperti sedia kala. 

Namun sepertinya itu hanya akan menjadi angan-angan belaka saja. Jika melihat situasi nya sekarang sampai separah ini, kemungkinan besar kehidupan kita tidak akan bisa kembali seperti kehidupan yang dulu sebelum munculnya virus ini. Tetapi jika memang tidak bisa kembali sama seperti yang dulu, setidaknya kegiatan masyarakat dapat berjalan seperti biasa walaupun diiringi dengan peraturan baru sesuai protocol covid-19.  

Dikarenakan dampak nya yang sangat luar biasa dirasakan, semua Negara bepikir keras mencari solusi untuk kasus Covid-19 ini. Bergabung dengan para peneliti, akhirnya muncul lah ide untuk membuat vaksin covid-19. Dalam kedokteran, vaksin telah merevolusi kesehatan global. Bahkan dapat dikatakan bahwa vaksin merupakan salah satu inovasi yang paling menyelamatkan jiwa manusia dalam sejarah kedokteran. 

Di tengah pandemi global Covid-19 yang ternyata telah menewaskan lebih 600.000 orang, vaksin akan menjadi penyelamat. Kini hampir semua negara, lembaga penelitian, dan perusahaan farmasi, seakan berkompetisi menjadi yang pertama sebagai pencetus vaksin. Dengan akses pertama terhadap vaksin Covid-19, sebuah pemerintahan lebih mudah mengambil langkah pemulihan ekonomi warganya ke kehidupan normal kembali.

Indonesia pun tidak mau ketinggalan dalam perkembangan vaksin Covid-19 melihat angka postif dan kematian yang terus naik akhirnya bekerja sama dengan beberapa negara dan perusahaan farmasi. Salah satunya dengan Sinovac Bio Tech, yang merupakan perusahaan bioteknologi dari Tiongkok, yang bekerja sama dengan Bio Farma dan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. 

Rencananya awalnya Agustus ini dilakukan uji klinis tahap ketiga kepada 1.620 sukarelawan. Selain bekerja sama dengan Sinovac, Indonesia juga bekerja sama dengan, Genexine yang merupakan perusahaan dari Korea Selatan. Kalbe Farma melaksanakan kerja sama ini dengan rencana menggandeng Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Tak hanya itu, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Kementerian Riset dan Teknologi, juga turut meneliti vaksin “Merah Putih” untuk pengembangan vaksin Covid-19 (Sulistiyo, 2020).

Akhirnya setelah vaksin covid-19 ini tiba di Indonesia kemudian vaksin tersebut dibawa ke Bio Farma untuk dikaji ulang sehingga aman dan layak untuk di berikan kepada masyarakat. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline