Lihat ke Halaman Asli

Reynal Prasetya

TERVERIFIKASI

Broadcaster yang hobi menulis.

Mengungkap Rahasia Sigma Male yang Sesungguhnya

Diperbarui: 19 April 2022   11:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Thomas Shelby Sigma Male figure (Sumber: hellomagazine.com)

Belakangan ini saya sedang menyukai dan tergila-gila dengan satu serial drama kriminal berjudul, "Peaky Blinders" yang secara keseluruhan berjumlah enam season.

Baru saja menonton dua episode season pertama, saya langsung terpukau dengan akting Cillian Murphy yang berperan sebagai Thomas Shelby. Yang digambarkan sebagai laki-laki dingin, tegas, sadis dan pemberani.

Berkat pengalamannya sebagai prajurit yang mendapat medali pada perang dunia pertama, ia sukses membawa geng "Peaky Blinders" itu menjadi geng yang paling ditakuti dan disegani didaratan Inggris khususnya di Kota Birmingham.

Kita tidak sedang mereview atau spoiler film Peaky Blinders, tapi tulisan ini ada kaitannya dengan tokoh utama yakni Thomas Shelby yang banyak dikagumi oleh penggemarnya, baik pria maupun wanita.

Thomas Shelby dipandang sebagai sosok Sigma Male. Yakni seorang laki-laki yang memiliki intelegensi dan maskulinitas tinggi sehingga ia begitu dihormati dan disegani baik oleh kawan maupun lawannya.

Lalu apa itu Sigma Male? Darimana istilah ini muncul? Dan seperti apa kriteria laki-laki Sigma itu?

Karena mungkin istilah ini tidak sepopuler Alpha Male yang sudah sejak dulu ada untuk menggambarkan laki-laki dominan, agresif dan mempunyai kemampuan leadership tinggi.

Istilah Sigma Male ternyata baru populer belakangan ini khusunya di linimasa twitter. Ada yang meyakini sosok laki-laki ini ada dan nyata, ada pula yang berpendapat bahwa ide ini begitu bodoh dan terindikasi pseudoscience.

Adalah Theodore Beale, seorang penulis dan aktivis sayap kanan yang konon sebagai pencetus pertama istilah ini dan kemudian Jhon Alexander memperkenalkannya melalui buku berjudul "The Sigma Male: What Woman Really Want" yang ia tulis pada tahun 2014 silam.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline