Lihat ke Halaman Asli

Reyhan Arditya

Universitas Airlangga

Pencemaran Lingkungan Udara

Diperbarui: 7 Juli 2022   11:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar oleh Ralf Vetterle dari Pixabay

Pencemaran udara adalah pencemaran udara karena adanya zat-zat di atmosfer yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya, atau menyebabkan kerusakan pada iklim atau material. Pencemaran udara ada bermacam-macam, seperti gas, partikel, dan molekul biologis. 

Polusi udara dapat menyebabkan penyakit, alergi, bahkan kematian pada manusia; itu juga dapat menyebabkan kerusakan pada organisme hidup lainnya seperti hewan dan tanaman pangan, dan dapat merusak lingkungan alam atau lingkungan buatan. 

Keduanya manusia kegiatan dan proses alam dapat menimbulkan pencemaran udara. Polusi udara merupakan faktor risiko yang signifikan untuk sejumlah penyakit terkait polusi, termasuk infeksi pernapasan, penyakit jantung, PPOK, stroke, dan kanker paru-paru. peningkatan risiko gangguan kejiwaan seperti depresi dan kesehatan perinatal yang merugikan. 

Manusia efek kesehatan dari kualitas udara yang buruk jauh jangkauannya, tetapi terutama mempengaruhi sistem pernapasan tubuh dan sistem kardiovaskular. 

Reaksi individu terhadap polutan udara bergantung pada jenis polutan yang terpapar pada seseorang, tingkat paparannya, dan kemampuan individu tersebut. status kesehatan dan genetik. menjadi 4,21 juta kematian setiap tahun, menjadikannya salah satu kontributor utama kematian manusia. 

Secara keseluruhan, polusi udara menyebabkan kematian sekitar 7 juta orang di seluruh dunia setiap tahun, atau hilangnya harapan hidup rata-rata global 2,9 tahun, Udara dalam ruangan polusi dan kualitas udara perkotaan yang buruk terdaftar sebagai dua dari masalah polusi beracun terburuk di dunia di 2008 Blacksmith Institute Laporan Tempat Tercemar Terburuk di Dunia. Cakupan krisis polusi udara sangat besar: 90% populasi dunia menghirup udara kotor untuk beberapa derajat. 

Meskipun konsekuensi kesehatannya luas, cara penanganannya seringkali serampangan. Kehilangan produktivitas dan penurunan kualitas hidup yang disebabkan oleh polusi udara diperkirakan merugikan ekonomi dunia sebesar $5 triliun per tahun Berbagai teknologi dan strategi pengendalian polusi tersedia untuk mengurangi polusi udara. 

Ini juga merupakan sumber utama partikulat polusi di banyak daerah maju termasuk Inggris & New South Wales. Polutannya termasuk PAH.) fasilitas pabrik sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa di Cina, sektor manufaktur peralatan, mesin, dan perangkat serta konstruksi berkontribusi lebih dari 50% dari emisi polutan udara pembakaran sampah tungku dan jenis perangkat pemanas pembakaran bahan bakar lainnya Sumber bergerak termasuk kendaraan bermotor, kereta api, kapal laut dan pesawat terbang. Praktek pembakaran terkendali di pertanian dan pengelolaan hutan. 

Pembakaran terkendali atau ditentukan adalah teknik yang kadang-kadang digunakan dalam pengelolaan hutan, pertanian, restorasi padang rumput atau pengurangan gas rumah kaca. Api adalah bagian alami dari ekologi hutan dan padang rumput dan api yang dikendalikan dapat menjadi alat bagi rimbawan. Pembakaran terkendali merangsang perkecambahan beberapa pohon hutan yang diinginkan, sehingga memperbaharui hutan. Ada juga sumber dari proses selain pembakaran:

Asap dari cat, semprotan rambut, pernis, semprotan aerosol dan pelarut lainnya. Ini bisa menjadi substansial; emisi dari sumber-sumber ini adalah diperkirakan menyumbang hampir setengah dari polusi dari senyawa organik yang mudah menguap di lembah Los Angeles pada 2010-an. Deposisi sampah di tempat pembuangan akhir, yang menghasilkan metana. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline