Lihat ke Halaman Asli

Best Practice Model Pembelajaran Project Based Learning

Diperbarui: 26 September 2022   15:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

mempresentasikan dan menguji hasil

Best Practice

"Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa Kelas VI SD Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi Rangkaian Seri"

Lokasi : SDN CICARIU KOTA TASIKMALAYA

Lingkup Pendidikan : Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) Siswa kelas VI SD

Latar Belakang

Berawal dari temuan penulis dalam pembelajaran di kelas VI SD. Ternyata sebagian besar siswa mengalami kesulitan ketika dihadapkan dengan soal atau pertanyaan yang menuntut kemampuan bepikir tingkat tinggi (HOTS). Padahal pemerintah mengharapkan siswa menguasai kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Karena kemampuan ini menjadi modal untuk bersaing di abad ke 21 dalam persaingan global.

Hal ini sejalan dengan rendahnya peringkat Indonesia dalam Programme for International Student Assessment (PISA) dan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) dibandingkan dengan negara lain.  Kemudian dari hasil rapor sekolah berdasarkan hasil AKM 2021, terdapat 33% siswa yang belum menguasai kemampuan numerasi.

Dengan situasi demikian, mendorong penulis sebagai guru untuk mengembangkan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa. Dengan harapan, kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dapat meningkat.

Tantangan

Setelan penulis melakukan identifikasi masalah, melakukan refleksi, dan melakukan wawancara, beberapa tantangan yang tampak mulai dari siswa dan guru.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline