Lihat ke Halaman Asli

Raudhatul Ilmi

Content Writer & Script Writer

Imlek 2023: Saatnya Membuka Mata dan Bahagia

Diperbarui: 22 Januari 2023   15:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilutrasi imlek/Aspirasiku

Ketika mendengar kata imlek, Mayoritas Orang akan memikirkan tentang Shio. Dan memang dalam Astrologi China dalam setiap edisi imlek akan terjadinya pergantian Shio.

Shio untuk Imlek 2023 diwakili oleh Kelinci Air. Tau dari mana? Ya dari Topik pilihan yang diberikan oleh pihak kompasiana.

Penulis sebenarnya tidak terlalu paham akan hal ini. Karna penulis pribadi juga tidak terlahir dari keluarga Tionghoa, bahkan penulis juga tidak memiliki teman didunia nyata yang berasal dari Tionghoa. 

Hanya di rubrik kompasiana saja penulis mempunyai beberapa teman Tionghoa walaupun belum pernah sekalipun bertatap muka.

Namun ketika kita bukan orang Tionghoa dan tidak terlibat langsung dengan mereka yang Tionghoa bukan berarti kita tidak boleh membahas sama sekali tentang Tionghoa. 

Istilahnya itu kita masih bisa tetap membahas sejauh pemahaman yang ada pada diri kita tanpa menjadi si paling sok tahu dalam hal itu.

Ngomongin tentang Shio, istilah ini tidaklah asing ditelinga penulis. Sering mendengar tapi penulis tidak terlalu paham. 

Kata orang jika kita tidak memahami sesuatu maka kita harus mempelajari itu. Karna alasan tersebutlah penulis jadi kepo dan mencari tau lebih lanjut apa itu Shio.

Setelah ditelusuri lebih lanjut ternyata Shio itu adalah dua belas hewan  yang mewakili tahun dalam kepercayaan Tionghoa dan akam kembali kepada shio yang sama per 12 tahun.

Aku sendiri pun jadi penasaran dan pengen tau Shio aku sendiri itu apa. Eh ternyata Shio ku adalah Macan karna aku lahir ditahun 1998.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline