Lihat ke Halaman Asli

Ratih Yulandari

Guru Kelas

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Bantuan Media Power Point

Diperbarui: 7 Oktober 2022   13:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Berdasarkan data yang diperoleh mengungkapkan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa pada pembelajaran tema 3 Tugasku sehari-hari pada Subtema Tugasku sehari-hari di Rumah, hasilnya adalah sebanyak 44% siswa memperoleh nilai di bawah KKM yang ditentukan, sehingga dapat dinyatakan bahwa hasil belajar siswa kelas II SDN 13 Tanah Abang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 

Metodologi penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbatuan media power point menggunakan dua aksi. Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa. 

Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran PjBL berbantuan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yakni siswa yang memenuhi KKM pada aksi I sebesar 44% dan pada saat aksi II meningkat menjadi 88 % siswa denga rata-rata nilai sebesar 80,63. 

Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa model pembelajaran Project based learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di SDN 13 Tanah Abang tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada seluruh peserta didik.

https://docs.google.com/document/d/1iuzdD6sq40HmJRQ_Oh9VEzKkMkszlMny/edit?usp=sharing&ouid=107513141082259750291&rtpof=true&sd=true




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline