Lihat ke Halaman Asli

Efek Diskon pada Aplikasi Belanja Online pada Penjualan Barang di Pasar Riil (Tradisional)

Diperbarui: 21 Maret 2024   21:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Foto diambil dari Suara.Com

       Memasuki pekan ke dua bulan Ramadhan, penulis yakin promo belanja di aplikasi belanja online sudah jauh-jauh hari digaungkan. Dari Tokopedia, Shopee, Gojek dengan Go martnya, Tik Tok, juga aplikasi medsos dan aplikasi belanja lain tak mau kalah bersaing dalam mengeluarkan diskon Ramadhan.  

      Ramadhan memasuki pekan kedua? Sudah menikmati promo apa saja dari aplikasi belanja online dari layar ponsel kita di bulan Ramadhan ini? Sejak kemunculan media sosial dan menjamurnya aplikasi belanja online, tentu saja hal ini memberikan efek pada pergeseran pola belanja di masyarakat.

      Pedagang di pasar langganan penulis, sempat berbagi cerita saat lebaran. Kalau barang dagangannya yang biasanya ludes terjual habis saat jelang lebaran, lebaran tahun 2023 omzet penjualannya tak sebagus tahun-tahun lalu.

      Maraknya aplikasi belanja online di ponsel, penulis yakin memperngaruhi hal tersebut. Di bulan Ramadhan ini tentunya promo yang sudah di pampang dengan jelas di beberapa aplikasi belanja online sungguh menggiurkan pengguna aplikasi.

      Masyarakat selalu mengalami perkembangan dan dinamika. Tentu saja, termasuk gaya hidup. Aplikasi belanja online memberikan kita banyak kemudahan, mulai dari pengantaran barang, pengembalian barang dan uang jika tidak sesuai dengan pesanan atau ekspektasi kita.

      Lantas bagaimana dengan promonya? Apakah anda termasuk pemburu promo dari toko atau lapak di aplikasi belanja online?

     Tak ada salahnya berburu promo atau diskon, terlebih lagi kita juga perlu hitung-hitungan agar budget belanja cukup. Kalau ada diskon besar, kualitas barang bagus, barang yang dijual di toko online biasanya barang akan cepat habis. Apalagi testimoni dari customer begitu meyakinkan.

      Namun, pernahkah kita mengalami kekecewaan akan barang yang pernah kita beli dari aplikasi belanja di toko online? Penulis yakin, karena kita tergiur promo dengan mantap pun kita melakukan transaksi pembelian pada aplikasi. Satu dari sekian transaksi pasti ya, pernah tentunya.

      Lantas, dengan maraknya diskon pada aplikasi belanja online terutama di bulan Ramadhan ini. Perlukah kita lebih cermat memilih aplikasi belanja atau toko belanja? Tentu saja. Tidak pada bulan Ramadhan pun kita tetap harus cermat memilih toko di aplikasi belanja online meskipun menawarkan diskon besar 50%- 90% misalnya.

      Diskon pada aplikasi belanja online tentu saja menggiurkan para pemburu diskon. Akibat dari hal ini, dimungkinkan jumlah pembelian di pasar riil pun (pasar tradisional) bisa turun, apalagi bagi beberapa pedagang yang kurang menggunakan media sosialnya untuk mendukung penjualan barangnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline