Lihat ke Halaman Asli

rabindra akmani

there is no old, just classic

Tips Merawat Motor Klasik

Diperbarui: 14 November 2019   11:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Bicara hobby motor klasik biasanya langsung terbanyang akan pengeluaran yang besar untuk merawatnya, belum lagi bayangan mogok di jalan dan harga spare part yang mahal! tapi itu tidak semuanya benar.

Dari pengalaman saya merawat motor BMW R25 warisan Bapak saya, saya mau share beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam merawat kendaraan klasik.

Bunyi-Bunyian

Kendaraan klasik, baik mobil atau motor, biasanya member tanda kalau ada bagian yang butuh perawatan. Biasanya ada bagian-bagian yang berbunyi diluar kebiasaannya. Karena itu ada baiknya setiap minggu kita khususkan waktu untuk mengecek semua bagian yang bergetar, adakah yang kendor atau bushing yang mulai minta diganti.

Spare part asli jaminan mutu

Jika ada sparepart yang rusak lebih baik mengganti dengan yang ori meski efeknya kita keluarin uang lebih. Kalau yang ori baru sudah tidak diproduksi, berburu sparepart copotan juga lebih baik. Dengan kondisi yang masih baik tentunya.

Sering ganti pelumas

Pelumas wajib sering ganti, karena teknologi jaman dulu belum sesempurna sekarang, jadi sering mengganti pelumas adalah salah satu trik agar mesin tetap dalam kondisi prima.

Sering dibersihkan

Body kendaraan klasik, paling rentan terkena karat. Karena sudah susah mencari body yang ori, lebih baik kita sering mencuci dan mengeringkan agar karat tak tumbuh di body. Melapisi dengan cairan pelindung ke seluruh body juga sangat dianjurkan.

Cek Perapian

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline