Lihat ke Halaman Asli

Putri septianingrum

putri septianingrum

Menfaat Teman Sebaya

Diperbarui: 28 November 2022   22:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Berkali - kali saya menjadi tempat keluh kesah teman sebaya , entah itu tentang kisah percintaan bahkan keluarga . Tradisi curhat memang melekat di dunia pertemanan . Bahkan terkadang seseorang lebih memilih teman dari pada anggota keluarga sebagai tempat sharing . 

Mengingat sebagian waktu yang sebagian besar dihabiskan bersama teman , maka tak heran hal ini terjadi. Tidak jarang seorang teman akan menjadi model utama dalam berperilaku . Motivasi dan dorongan saling menguatkan satu sama lain ketika terjatuh merupakan contoh pertemanan yang tulus . Melalui sikap saling perhatian , memberi nasihat dan masukan akan berperan dalam sosial emosional dan moral anak  . 

Teman sebaya mrmiliki aspek kesamaan seperti usia , perkembangan maupun ara berfikirnnya , status sosial ,ataupun hobinya .  Adapun jenis - jenis teman sebaya yakni :

 1. Sebagai kawan maksudnya , kawan adalah  orang yang memuaskan kebutuhan melalui keberadaannya . Kawan terdiri dari berbagai usia dan jenis kelamin .

2. Teman bermain 

Keuntungan teman bermain bagi perkembagan anak adalah tanpa intervensi orang dewasa , belajar mengatur sendiri permainan dan ruang di lapangan bermain .

3. Sahabat merupakan orang yang selalu ada , tidak hanya bermain saja melainkan tempat saling bertukar cerita , ide dan komunikasi yang tepat .  Lantas apakah ada pengaruh teman sebaya dalam  pembentukan kepribadian ? 

Dalam hal ini teman sebaya akan berperan menjadi pemberi penasihat , yakni dengan memberi teguran , arahan dan petunjuk .  

Sejak anak usia dini orang tua sudah mulai mengenalkan anaknya pada teman sebaya , agar anak bisa bersosialisasi dengan cara bermain . 
Ada banyak manfaat untuk anak usia dini ketika bermain bersama  teman sebaya , mulai dari menghilamgkan rasa stress , bosan , dan juga mengasah kemampuan sosialnya . 
Dari pada anak bermain gadget di rumah akan lebih baik jika mereka diajak bersosialisasi dengan temannya . Karena hal ini bagus untuk perkembangan mental anak . Selain itu , bermain dengan teman akan melatih kemampuan kognitif , emosional , dan komunikasinya . 
Bermain bagus untuk kesehatan fisik anak , karena bermain di lingkungan luar rumah menyebabkan anak aktif secara fisik sehingga tubuhnya akan senantiasa terjaga . 

 Teori piaget dan vigotsky menjelaskan bahwa interaksi sosial merupakan peranan penting dalam perkembangan kognitif . Namun teori ke dua nya berbeda . Piaget mengatakan bahwa seseoranv belajar secara mandiri dengan melihat orang orang di sekelilingnya . Sedangkan vygotsky berpendapat bahwa seseorangbharus ditunjang dengan interaksi sosial agar dapat berkembang .

Menurut piaget ada 4 tahap perkembangan kognitif individu di antaranya : 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline