Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Teknologi dalam Kehidupan

Diperbarui: 20 Januari 2023   23:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pengaruh Teknologi dalam kehidupan

Teknologi berasal dari kata technologia dari bahasa Yunani yang berarti keahlian dan pengetahuan. Awalnya teknologi hanya terbatas dengan benda-benda yang berwujud seperti peralatan-peralatan atau mesin. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu teknologi mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Secara umum, teknologi dapat diartikan sebagai suatu ilmu yang berhubungan dengan alat atau mesin yang diciptakan untuk mempermudah dalam menyelesaikan masalah atau pekerjaan sehari-hari. Sehingga diharapkan dengan hadirnya teknologi mampu membawa pengaruh yang baik untuk kehidupan.

Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi (globalisasi). Kalau dahulu kita mengenal kata pepatah “dunia tak selebar daun kelor”, sekarang pepatah itu selayaknya berganti menjadi dunia saat ini selebar daun kelor, karena cepatnya akses informasi di berbagai belahan dunia membuat dunia ini seolah semakin sempit dikarenakan kita dapat melihat apa yang terjadi di Amerika misalnya, meskipun kita berada di Indonesia.

Hadirnya teknologi juga memiliki pengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari manusia. Hampir dapat dipastikan setiap orang kini juga telah bergantung dengan teknologi. Pasalnya, setiap hari kita memerlukan teknologi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Salah satu perkembangan teknologi yang sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari ialah internet. Adanya teknologi ini telah berhasil memudahkan manusia untuk mengetahui beragam informasi dan menghubungkan dengan manusia lainnya di berbagai belahan dunia. Bahkan adanya teknologi informasi ini juga telah membuka kesempatan setiap orang untuk membuka usaha dan mendapatkan keuntungan.

Seiring berjalannya waktu, manusia berhasil membuat berbagai macam teknologi. Masing-masing teknologi memiliki peranan dan manfaatnya sendiri. Adapun macam-macam teknologi yang sering digunakan manusia adalah sebagai berikut:

Teknologi Transportasi

Secara umum teknologi transportasi berhubungan dengan alat transportasi yang mempermudah melakukan perjalanan dari suatu lokasi yang dituju secara cepat. Berbagai teknologi transportasi berhasil ditemukan, seperti pesawat, kapal, motor dan lain sebagainya.

Teknologi Informasi

Teknologi informasi diartikan sebagai suatu sistem yang berbasis komputer terutama pada perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (softwere). Kedua perangkat ini diciptakan untuk mendukung dan meningkatkan kualitas informasi secara mudah dan cepat. Beberapa jenis teknologi yang berhasil diciptakan ialah Internet, televisi, radio dan lain sebagainya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline