Lihat ke Halaman Asli

Putri Patmawati

Berusaha sungguh-sungguh

Pentingnya Guru BK Dalam Memberikan Motivasi pada Siswa di Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 14 Agustus 2020   23:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pada awal tahun 2020, dunia sedang digemparkan dengan adanya sebuah virus yang disebut dengan corona virus ( COVID-19), Organisai Kesehatan Dunia ( WHO) menetapkan virus sebagai pandemi pada tanggal 11 maret 2020 karena  penularan covid-19 yang begitu cepat. Status epademi global atau pandemi ini menandakan bahwa penyebaran virus corona ini begitu cepat sehingga hampir tak ada Negara yang dapat terhindar dari virus corona.

Akibat pandemi covid-19 pemerintah di berbagai Negara telah menerapkan lockdown atau karantina. Sebagaimana yang telah dikatakan bahwa pemerintah melakukan pembatasan untuk mengurangi penyebaran covid-19. Pemerintah juga telah membatasi kegiatan diluar rumah seperti kegiatan pendidikan yang telah dilakukan melalui pembelajaran online. Pembelajran online dilakukan dengan memanfaatkan tekhnologi khususnya internet. Pembalajaran online dilakukan dengan system belajar jarak jauh, dimana kegiatan belajar dan mengajar (KBM) tidak dilakukan secara tatap muka. Pembelajaran dilakukan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non cetak (audio/video ), computer/internet, siaran radio dan televisi.

Pada pembelajaran online, peserta didik dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, sehingga dapat mengakibat pembelajaran yang menjenuhkan. Seorang siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar, Oleh karena itu diperlukan pendorong untuk menggerakkan siswa agar dapat memiliki prestasi belajar. Semangat belajar dapat dimiliki dengan meningkatkan motivasi belajar. Oleh karena itu sangat dibutuhkan peran guru BK, dimana guru BK memberikan motivasi pada siswa dimasa pandemi dengan melakukan konseling online sehingga siswa bisa terdorong untuk tetap belajar dengan optimal dimasa pandemi covid-19. 

Guru BK harus memberikan perhatian maksimal terhadap siswa, khususnya dimasa covid-19 ini. Guru BK di tuntut untuk bisa lebih memahami bagaimana kondisi siswa saat belajar online, sehingga guru BK dapat menimbulkan motivasi-motivasi belajar sebagai salah satu peran penting guru BK. Motivasi belajar yang diberikan guru BK sangat berperan apalagi dimasa covid-19, dimana motivasi yang diberikan guru BK dapat menunjang semangat belajar dan tujuan yang diinginkan oleh siswa dapat terwujud sesuai dengan apa yang ditujukan oleh pemerintah.

Tahukah anda bagaimana cara guru BK memberikan dan meningkatkan motivasi terhadap siswa di masa pandemi covid-19 ?? Yang pertama guru Bk harus meningkatkan kualitas dirinya dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan, guru BK dapat memberikan atau mengedukasikan siswa dengan layanan informasi, kemudian guru BK dapat membantu membuat panduan regulasi diri. Kedua, guru BK harus pandai dalam memilih metode pelayanan yang tepat. Guru BK dapat melakukan layanan konseling secara online untuk mengembangkan life skill dimasa kritis. Ketiga, guru BK harus memaksimalkan fasilitas yang ada. Dan yang terakhir guru BK dapat memanfaatkan media social sebagai sarana untuk melakukan konseling online dengan menggunakan aplikasi seperti facebook, whatshapp, dan lain-lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline