Lihat ke Halaman Asli

Ina Widyaningsih

Staf TU SMPN 3 Pasawahan

Kita dan Merdeka

Diperbarui: 21 Agustus 2022   11:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengibaran Bendera HUT Kemerdekaan RI ke-77 di alun-alun Pemda Kabupaten Purwakarta (foto diambil dari Facebook Ambu Anne Ratna Mustika)

Ketika Sang Saka berkibar serentak di langit Nusantara sesaat degup jantung pun berdetak kencang di setiap penjuru negeri seiring lagu kebangsaan yang bergema hingga samar di kejauhan. Bulir bening mengbasah di sudut-sudut mata segenap bangsa Indonesia. Merdeka! Satu kata yang terucap di ujung bibir yang terasa getir karena teringat perjuangan para pahlawan yang merebut kemerdekaan.

Pelaksanaan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Kecamatan Pasawahan

Kita dan Merdeka. Bagaimana menurutmu? Saat ini kita adalah bangsa yang merdeka. 

Kebahagiaan Staf TU SMPN 3 Pasawahan setelah mengikuti Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 

Menurut KBBI merdeka berarti bebas; berdiri sendiri. Lantas bagaimana kita dalam menyikapi kemerdekaan saat ini, banyak sudut pandang yang dapat memaknainya. Dan sebagai pribadi yang sehat tentu sudah seharusnya dapat bersikap bijak dalam memaknai merdeka dan kemerdekaan.

Perlombaan dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di SMPN 3 Pasawahan 

Yang tidak kalah penting dalam kemerdekaan saat ini adalah rasa kesyukuran atas semua berkah yang dianugerahkan oleh Sang Maha Pencipta bagi negara tercinta ini. Kita bisa bercermin dengan melihat diri kita sendiri untuk memulai memaknai kemerdekaan. 

Merdeka juga bisa dikatakan kebahagiaan dan kedamaian. Ketika dalam benak kita belum merasa bahagia dan damai, tentu saja kita pun takkan merasakan kemerdekaan. Bagaimana hal tersebut dapat kita peroleh, adalah hanya dengan bersyukur.

OSIS SMPN 3 Pasawahan siap berbagi dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 

Mensyukuri hal sekecil apapun dapat mencipta sebuah kebahagiaan dan kedamaian sehingga mampu melangkah ke depan dengan merdeka dan percaya diri. Ketika diri sendiri mampu mencipta bahagia sendiri sudah tentu kita akan mampu membuat orang lain bahagia. Dari sanalah kemerdekaan akan tercipta di lingkungan sekitar kita hingga lebih luas lagi. 

Berfoto bersama Kepala Desa Ciherang - Pasawahan sejenak sebelum mengikuti karnaval dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Kecamatan Pasawahan 

Mulai dari rasa bahagia terciptalah jiwa raga yang sehat. Ketika setiap pribadi menjadi sehat terciptalah masyarakat yang sehat hingga akhirnya Indonesia pun sehat. Karena kita saat ini sebagai generasi penerus kemerdekaan harus mampu untuk kembali pulih dengan cepat demi Indonesia Sehat hingga Nusantara pun lebih kuat.

Kita dan Merdeka adalah Syukur. Karena dengan kesyukuran akan tercipta kedamaian. Damai di hati dan jiwa.

Sebagai rakyat kecil walau sesulit apapun kehidupan, ketika ada damai di hati dan jiwa, kita akan mampu menjalaninya dengan penuh semangat untuk berjuang lebih keras demi menggapai harapan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline