Lihat ke Halaman Asli

bahrul ulum

TERVERIFIKASI

Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Meliput Berita Human Interest Tematik

Diperbarui: 30 September 2020   18:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Human Interest (Dok diycamera.com)

Salam Literasi Kompasianer

Meliput sebuah informasi yang nanti di-publish dalam bentuk human interest atau cerita menarik yang bisa menjadikan motivasi bagi orang lain dibilang gampang-gampang susah, bagi mereka yang biasa menulis ini akan suka dengan tantangan liputan ini.

Sangat berbeda cara penyajian dan gaya bahasa yang digunakan, semakin kita pernah menemuinya dan melakukan wawancara langsung dengan narasumber apalagi jika bisa menggali informasi dengan akurat dan detail maka akan mendapatkan hasil yang lebih luas dan mendalam tentunya kaidah penulisan jurnalistik harus ditaati terutama 5W+1H.

Menulis Human Interest GKB

Penulis mencoba melatih para kompasianer untuk menulis liputan tematik human interest di bidang pendidikan, dengan kisi-kisi menulis human interest sebagai berikut: Ambil contoh membuat Human Interest (HI) tentang Anak Tidak Sekolah kembali bersekolah, maka yang dijadikan dasar awal adalah:

1. Buat Judul yang menarik

2. Mintakan identitas anak tersebut yang mau di liput, bisa waktu sekolah, waktu belajar dengan orangtuanya, atau waktu belajar di PKBM/saat pulang dari sekolah/saat menerima bantuan.

3. Untuk Foto Human Interest: Fotografi human interest (HI) adalah potret dari kehidupan seseorang yang menggambarkan suasana/mood dan menimbulkan simpati dari orang yang melihatnya. Human interest biasanya dibuat dengan candid, yaitu orang yang dipotret tidak merasa difoto, tidak diarahkan oleh fotografer/penata gaya sehingga berkesan alami dan orisinil. 

Jika diarahkan dan setting lampu, special effect, atau olah digital/manipulasi secara berlebihan, jadinya hasil foto lebih cocok masuk dalam kategori portrait atau conceptual photography.

4. Ceritakan kebiasaan anak tersebut, di lingkungan, di keluarga, di sekolah dan saat berangkat sekolah, termasuk latar belakang orang tuanya.

5. Bagaimana Anak itu melihat program GKB ini suruh ceritakan pengalamannya, bagaimana sekolah/pesantren/madrasah memperlakukan anak GKB di sekolahnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline