Lihat ke Halaman Asli

Pardosa Godang

Pelayan, pengajar dan pembelajar

Inspirasi dari Jalan Tol: Respek pada Petugas untuk Inisiatif Solusi

Diperbarui: 21 Juni 2022   10:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Jalan tol Kelapa Gading yang baru beroperasi sejak akhir tahun 2021 yang lalu merupakan langgananku belakangan hari ini. Aku melaluinya hampir setiap pagi dan sore. Sangat nyata membantu mempersingkat jarak tempuh dan waktu tempuh.

Beberapa hari ini aku melihat sesuatu yang berbeda. Pertama, gerbang keluar tol makin macet dan tersendat karena makin banyak pengemudi yang harus antri saat hendak menempelkan kartu tol sebelum keluar ke jalanan Kelapa Gading. Syukurlah, sebab itu salah satu pertanda bahwa kegiatan bisnis mulai pulih dengan semakin berhasilnya pemerintah mengendalikan pandemi Covid-19.

Kedua, dan ini yang aku suka, selalu terlihat beberapa petugas tol yang berinisiatif mendatangi pengemudi dengan membawa mesin "EDC". Satu per satu, sehingga tidak butuh lagi menempelkan kartu tol ke mesin besar. Alhasil, kemacetan terurai. Inisiatif yang layak diapresiasi.

Inisiatif dibutuhkan sebagai solusi mengatasi permasalahan. Tidak selalu mampu menuntaskan, tapi paling tidak, mengurai permasalahan. Dalam dunia pekerjaan seringkali yang lebih sulit adalah mengidentifikasi permasalahan, lalu mengurainya, dibandingkan menyelesaikan permasalahan itu sendiri. 

Inisiatif lahir dari kreativitas dalam melihat suatu kejadian. Tidak selalu harus spektakular, bahkan seringkali "sekadar" tindakan sederhana. Dan tidak selalu butuh tambahan biaya signifikan.

Kapan Anda terakhir kali berinisiatif?  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline