Lihat ke Halaman Asli

Putu Rustika

Membaca, menggambar, menulis, ...

Dakar 2019, Mesin 3 Silinder vs V8?

Diperbarui: 5 Februari 2019   14:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Kepo waktu melihat daftar klasemen akhir balap Dakar 2019 kategori mobil. Di situ tertera di urutan ke-38, C.A.T. Racing Yamaha. Ternyata ini adalah UTV ( Utility Task Vehicle ) atau SxS ( Side by Side ). Penampakannya seperti ini :

Wuih...unik...warna pink ! . UTV Yamaha YXZ1000R ini dikendalikan pembalap cewek Camelia Liparoti. Bukan pembalap debutan karena sudah beberapa kali mengikuti reli Dakar. YXZ1000R ini memakai mesin bensin 3 silinder, DOHC, 12 klep , 998cc, penggerak 2WD/4WD, gearbox 5-speed. Selain Yamaha XYZ1000R 3 silinder, UTV yang dipakai oleh pembalap kawakan asal USA, Robby Gordon, juga memakai mesin Yamaha 3 silinder tetapi dilengkapi Turbo !!! Wah mantap. Gearbox nya memakai sistem CVT

Kepo berikutnya adalah kena apa kedua UTV ini dimasukkan ke dalam kelas yang sama dengan Toyota yang bermesin V8 ? Bobot ringan, lincah menjadi andalan UTV. Meski memakai mesin dengan silinder yang lebih sedikit dan kapasitas mesin yang lebih kecil, tetapi ratio power mesin terhadap bobot kendaraan bisa menyaingi kendaraan yang bermesin V8. Ada dugaan untuk mengurangi ancaman persaingan dari UTV, maka panitia menerapkan aturan pembatasan kecepatan untuk UTV...maksimal 128 Km/jam. Berikut petikan komentar di facebook Planet Gordon....Loh, berarti Yamaha nya Liparoti dilengkapi dengan Turbo juga ? Belum ditemukan konfirmasi yang pas tentang bahan kepo ini...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline