Lihat ke Halaman Asli

OtnasusidE

TERVERIFIKASI

Petani

Tak Percaya Lagi Lagu Cinta

Diperbarui: 6 Desember 2018   10:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebagian Kaset Lagu Cinta Dulu I Foto: OtnasusidE

Hidup di Bukit Barisan Sumatra itu nikmat. Keluar rumah jalan sedikit maka kita akan melihat hamparan sawah yang baru ditanam. Ada bukit yang tertutup awan. Ada halimun. Sebuah pemandangan yang menakjubkan. Nikmat mata dan rasa.

Inilah yang membuatku betah untuk berlama-lama di Bukit Barisan Sumatra. Mensyukurinya. Tubuhku seperti ringan melayang terbang.

Tubuh yang sudah termakan usia pun disadari oleh diri dan oleh pasangan hidup.  Loh  ia  toh, walau dulu ada orang yang bilang life begin at forty, sekarang pun sudah dimajukan lagi menjadi life begin at fifty. Apa pasal karena kemampuan teknologi kesehatan dan juga gaya hidup sehat meningkatkan kebugaran manusianya yang pada akhirnya meningkatkan masa hidup manusia.

Jadi bukan karena fifty shades of grey 1 dan 2 ya. Itu film yang bikin geger dunia kehidupan relasi rekreasi lelaki dan perempuan.

Bisa saja diri membolak-balik menyangkal umur. Boleh misalnya sekarang menolak umur 40 dengan mengaku berumur 18 tahun ditambahi dengan 22 tahun pengalaman hidup yang menyenangkan. Itu kutipan-kutipan yang bisa memberi semangat dan juga senyuman.

Umur tak bisa dilawan. Umur akan memakanmu.

Ibarat pisau yang dipakai terus menerus maka pisau itu walau hanya untuk memotong tomat ataupun membelah jengkol ataupun petai pasti akan tergerus ketajamannya. Pisau akan diasah dengan batu pengasah agar tajam. Kalau dipakai lagi maka siklus itu akan kembali berulang. Tubuh pisaupun akan habis perlahan.

Lalu bagaimana dengan urusan cinta? Sudahlah, itu yang sebenarnya bikin sakit pasangan suami istri. Percayalah.

Waktu belum punya anak yang ditanya kabar tentu pasangan. Kalau suami tanya kabar istri. Begitu sebaliknya. Kalau sudah punya anak maka yang ditanya adalah kabar anak terlebih dulu, baru kabar istri ataupun suami. Boleh percaya boleh tidak. Hal yang sama juga pada oleh-oleh, anak menjadi prioritas, ada duit sisa baru istri atau suami. Coba direnungkan bagi yang sudah kawin, apakah pernah demikian?

Walau begitu, ada jurus pamungkas untuk kaum lelaki? Tanyalah kondisi anak melalui istri. Segala macam tentang perilaku anak dan kesehariannya. Setelah itu bilanglah, "aku sayang kamu. Terima kasih sudah mengurus, mendidik anak. Kamu itu satu paket dengan anak. Kalau kamu sehat maka anak-anak juga sehat".

Dijamin istri merasa dihargai. Nggak juga ternyata karena syarat dan kelakuan berlaku. Semua tergantung pada situasi dan kondisi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline