Lihat ke Halaman Asli

Ongky Hojanto

Public Speaking Academy

Cara Membangun Personal Branding di Dunia Training

Diperbarui: 11 Juli 2022   16:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Motivator | Pembicara | Personal Branding "Brand Anda adalah apa yang dikatakan orang lain mengenai Anda, bukan apa yang Anda katakan kepada mereka." -- Dewi Haroen

Personal branding adalah sebuah strategi yang dilakukan oleh seorang individu untuk membangun citra diri yang baik di mata orang lain. Atau dapat dikatakan juga bahwa personal branding ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk menampilkan keunikan dan kelebihan yang dimikiki oleh diri Anda.

Untuk mengembangkan bisnis dan juga karir yang sedang atau akan Anda jalani, personal branding merupakan sebuah elemen penting yang tidak boleh Anda anggap sepele. Karena nantinya personal branding yang kuat akan dapat meningkatkan pencapaian Anda.

Lalu, bagaimana caranya untuk membangun personal branding yang baik dalam sebuah bisnis training sehingga Anda dapat diundang oleh perusahaan nasional maupun internasional dan seminar Anda didatangi oleh banyak orang?

Berikut adalah cara membangun personal branding di dunia training : 

1. Belajar dari yang terbaik

Ketika Anda sudah menemukan dan memutuskan untuk memilih serta menggunakan sebuah topik untuk menjadi topik utama Anda, maka cari tahulah semua tentang topik tersebut. Mulai dari ilmu terdasar, dan juga siapa orang yang juga membawakan topik itu dengan baik sebelumnya sehingga Anda bisa belajar dari mereka.

2. Bekerja sama dengan yang terbaik

Selain belajar dari yang terbaik, Anda juga bisa bekerja sama dengan yang terbaik dari topik yang sudah Anda pilih tersebut. Dengan kerjasama ini nantinya Anda akan terkait dengan sebuah nama yang lebih besar dari Anda dan sudah dikenal lebih dulu oleh audiens Anda sehingga memudahkan Anda dikenal oleh banyak orang.

3. Berbagi 

Aktiflah membuat konten di sosial media Anda sebagai sumber pembelajaran untuk audiens Anda maupun sumber untuk memberi tahu kompetensi dan juga kemampuan serta kepakaran yang Anda miliki. Konten tersebut dapat berupa sebuah tulisan, video, ataupun audio yang Anda posting dengan rutin setiap waktunya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline