Lihat ke Halaman Asli

Here Nere; Menghidupi Budaya dan Ekonomi

Diperbarui: 31 Agustus 2017   05:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Aspek Budaya

Jika anda pernah melintas jalur Pantura (pantai utara) Flores Timur tentu nama kampung ini tidak lagi asing. Sebut saja Leworahang nama kampungnya, atau Ile Padung nama Desanya. Perkampungan ini letaknya di pesisir pantai utara Flores yang cukup eksotis pemandangannya. Apalagi menunggu matahari terbenam di atas permukaan laut. Rasanya mau mengucapkan terima kasih berulang-ulang untuk Sang Khalik, sang pemberi senja. Itu baru pemandangannya, belum lagi melihat seluk beluk kehidupan masyarakatnya. Tidak kalah menarik dengan pemandangan alamnya.

Rata-rata penduduk kampung ini adalah petani. Tidak jauh berbeda dengan penduduk desa lain di Flores Timur. Namun ada yang mungkin berbeda yakni budaya mengiris tuak. Saya sebut budaya karena aktivitas ini sudah mengakar kuat dari generasi ke generasi hingga saat ini.

Ada begitu banyak makna yang terkandung di dalam pekerjaan yang satu ini. Tidak heran lagi, jika ketika masuk wilayah kampung Leworahang pohon-pohon tuak (lontar) berdiri tegap. Menjulang tinggi seperti menara-menara hidup. Dari yang masih berumur paling muda sampai yang paling  tua. Tentu sudah semakin jelas bahwa kehidupan masyarakat desa Ile Padung tidak dipisahkan dari pohon-pohon tuak itu. Pohon tuak adalah lahan untuk menemukan kesejahteraan hidup. Lahir maupun batin.

Here nere (mengiris tuak) yang kemudian disuling menjadi arak telah menjadi pekerjaan  pokok bagi laki-laki dewasa atau pria berkeluarga di Leworahang. Tidak ada patokan umur yang baku bagi seorang pria kampung untuk terjun ke dalam pekerjaan ini. Mereka-mereka yang merasa diri siap dan mampu bisa saja menjadi pengiris tuak. Mengapa? Karena ini bukalah pekerjaan yang mudah. Dari proses mengiris sampai menyuling tuak menjadi arak memakan waktu yang tidak sedikit.

Pengorbanan dan keuletan adalah modal dasar bagi seorang pengiris tulen. Belum lagi mencari kayu bakar yang bagus untuk proses penyulingan pun cukup menyita tenaga. Pekerjaan here nere ini semacam sebuah identitas sebagai seorang pria kampung yang telah atau sudah mampu menjalani kehidupan secara mandiri. Baik dalam keluarganya masing-masing ataupun secara individu. Hemat kata, mereka sudah mampu bertanggung jawab dengan kehidupannya.

Kegiatan mengiris tuak biasa dilakukan pada pagi dan sore hari sepanjang tahun. Dibandingkan sore, pada pagi hari jumlah tuak  yang dihasilkan lebih banyak. Banyak dan tidaknya dihitung dari berapa jumlah tuak per-ember atau per-jerigen yang didapat. Namun pada bulan Maret dan April, peralihan musim hujan ke musim kemarau adalah waktu dimana hasil irisan melimpah ruah. Tuak yang dihasilkan lebih banyak dibandingkan bulan-bulan lain karena uba (bagian lontar yang mengeluarkan tuak) masih panjang.

Jam empat subuh dan jam empat sore adalah waktu yang tepat untuk pergi ke epu (kebun) dengan membawa perkakas untuk here nere. Mulai dari nawing (tempat menyimpan tuak) hepe (pisau) untuk mengiris uba, sampai batu asa untuk menajamkan pisau.

Pohon lontar yang diiris jumlahnya bisa belasan pohon untuk satu orang saja. Paling banyak enam belas pohon dan paing sedikit lima sampai enam pohon. Oleh karena itu bagi mereka yang memiliki pohon lontar dalam jumlah yang banyak selalu ke epu lebih subuh atau lebih siang.

Kegiatan mengiris tuak tentu bukan rutinitas belaka. Ada nilai budaya, dan keyakinan  yang melingkupinya. Oleh karena pekerjaan ini diwariskan sejak dari generasi-generasi terdahulu, dipelajari dan kemudian dihidupkan hingga saat ini maka sudah jelas nilai budayanya sudah mapan. Ada nilai kerja keras dan kesanggupan bagi masyarakat setempat dalam menjalani pekerjaan ini. Berhadapan dengan pohon-pohon lontar yang tinggi dengan tiupan angin di ketinggian menjadi tantangan tersendiri.

Namun, nilai keberanian adalah sebuah modal yang membuat mereka tetap memilih menjadi para pengiris tulen. Di samping itu pohon-pohon tuak diyakini sebagai lahan yang telah menghidupkan mereka. Selama masih ada pohon tuak yang tumbuh dan hidup, di situ pekerjaan ini tidak mungkin ditinggalkan. Pun ada aspek lain yang diyakini, yaitu keselamatan kerja. Ini akan terwujud apabila keadilan dalam pembagian pohon-pohon tuak tidak disepelekan. Tidak ada yang lebih diuntungkan ataupun lebih dirugikan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline