Lihat ke Halaman Asli

Sumiani

in sya Allah bisa

2.1.a.9 Koneksi Antar Materi - Modul 2.1

Diperbarui: 9 November 2022   16:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

2.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Modul 2.1

 

Oleh                       : Sumiani, S. Pd.

Angkatan               : enam

Tahun                     : 2022

Asal Sekolah          : SMP Negeri 1 Wangi-Wangi

Fasilitator               : Drs. Arifudin

Pengajar praktik     : Jasman, S. Pd.

Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas.

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan proses pembelajaran yang memuat serangkaian kegiatan yang mengakomodir seluruh kebutuhan siswa. Dalam pembelajaran, kita mengenal tiga bentuk diferensiasi yakni: 1) diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Lantas bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas? Untuk bisa melakukan diferensiasi dalam proses belajar tentunya guru harus memetakan kebutuhan belajar siswa mulai dari tahap persiapan belajar, minat sampai pada profil belajar siswa.

Pada tahap identifikasi kesiapan belajar siswa guru mengacu pada ide yang bersifat mendasar- bersifat transformative; konsep abstrak-konkret; materi sederhana-kompleks; tugas yang terstruktur-terbuka; tergantung-mandiri; serta cepat atau lambatnya siswa merespons pertanyaan atau pernyataan guru seputar pengetahuan, konsep dan keterampilan awal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline