Lihat ke Halaman Asli

Nurul Rahmawati

Blogger bukanbocahbiasa.com | IG @bundasidqi | Twitter @nurulrahma

Tak Perlu Denial, Bersucilah Secara Personal

Diperbarui: 10 Mei 2021   05:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.BukanBocahBiasa.com

Aku buru-buru menutup novel yang kubaca semalam suntuk. Sudah jam 3 pagi. Waktunya tahajud. Godaan untuk bermalas-malasan, dan menarik selimut yang terpampang di depan mata, tentu terus menghampiri. 

Tapi, aku segera kudu ambil sikap! Semalaman, aku kuat menghabiskan novel, masak ini 'Cuma' sholat tahajud aja, daku beralasan ngantuk bin capek? HAH.

Setengah malas, aku menuju toilet. Lalu ambil wudhu dan bersuci. Bismillah. 

Tahajud di sepertiga malam terakhir di sepuluh terakhir Ramadan. Tahajud ini menjadi momen sakral buatku dan (harusnya) untuk semua orang. Momen yang istimewa, semua masih gulita. Sepi. Dan kita bisa berkomunikasi secara intens dengan Sang Maha. 

Aku kenakan mukena, sembari mengingat-ingat rasa hopeless, sad, hurt yang mendera belakangan ini. Sebuah emosi yang janggal. Karena selama ini, orang mengenalku sebagai sosok yang cheerful, penuh semangat, bahkan cenderung meledak-ledak ala mercon bantingan :-P 

Tapi, kali ini, aku tersungkur. Dalam sujud yang panjang. Dengan isak tangis yang seolah tak kenal jeda.

Well, Everyone is Damaged. Perhaps.

***

Sejujurnya, aku tuh pengin 'ngilang' sebentar. Ghosting, kalo kata anak jaman now. Aku mau sembunyi di dalam goa (yang kuciptakan sendiri) plus meminimalisir kontak dengan dunia luar. Aku ingin mengumpulkan kepingan hati yang patah, satu demi satu. Perlahan, dengan sepenuh jiwa.... Kurasa dengan menjaga jarak seperti inilah, pelan tapi pasti, hatiku tak lagi rapuh, dan ia akan sembuh.

Menjaga jarak sekaligus denial. Mencoba meyakinkan diri sendiri, bahwa ini bukan apa-apa dan semua akan berakhir, entah dengan baik-baik saja, atau sebaliknya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline