Lihat ke Halaman Asli

Nurdiah Rahma

Perencanaan Wilayah Kota - UNEJ

Infrastruktur bagi Perekonomian Suatu Wilayah, Berpengaruh kah?

Diperbarui: 20 September 2019   05:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Infrastruktur merupakan suatu fasilitas fisik dasar yang menjadikan penunjang dari segala kegiatan manusia. Dengan adanya infrastruktur yang memadai seperti jalan, fasilitas umum, dan bangunan menjadikan kegiatan social masyarakat berjalan dengan lancar. Fasilitas umum seperti, sekolah, bandar udara, rumah sakit, dan pelabuhan menjadikan akses bagi masyarakat untuk sarana kegiatan social. Dengan adanya infrastruktur dan fasilitas umum, menjadikan bangkitan bagi masyarakat sekitar dalam pertumbuhan ekonomi. Ketersediaan infrastruktur tersebut tentunya dapat menjadi masyarakat di sekitar dapat berkembang dan mendorong untuk menjadikan jiwa yang kompetitif.

Dengan adanya ketersediaan infrastruktur yang memadai dari berbagai bidang seperti, industry, perdagangan jasa, dan pertanian dapat membuat para pekerja dapat mengeksplor dirinya lebih jauh lagi dan berkualitas. Dengan munculnya kekreatifan dari dalam diri manusia akibat ketersediaan infrastruktur yang dapat menunjang kegiatan dan aktifitasnya tersebut tentunya akan memberikan dampak bagi Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, kreatif, dan berkompetisi. Apabila, Sumber Daya Manusia telah di latih untuk terus berinovasi dari masing-masing bidang yang dikuasainya, tentunya akan memunculkan keunggalan komperatif dari individu maupun perusahaan.

Makna dari keunggulan komperatif itu sendiri yaitu, kemampuan yang dapat dihasilkan dari individu dan perusahaan untuk menghasilkan suatu barang dan jasa dengan biaya yang lebih rendah. Menghasilkan suatu barang dan jasa dari suatu individu maupun perusahaan juga diperlukan kreatifitas dari bidangnya masing-masing, supaya menghasilkan sesuatu yang berkualitas. Misalkan dalam suatu konveksi baju, mereka hanya memiliki spesialisasi memproduksi barang berupa baju dengan kehaliannya yang akan menghasilkan barang dengan jumlah yang banyak. Sehingga, dengan menghasilkan barang dengan jumlah yang banyak dapat dijual dengan harga yang lebih rendah.

Perlunya melatih kualitas dan kekreatifan diri itu, karena sebagai dasar untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai. Sehingga, akan mempengaruhi terhadap kualitas hidup manusia terutama pada masalah perekonomian. Memiliki, ketrampilan dengan ketersediaan infrastruktur yang memadai, menjadikan lebih maksimalnya sesuatu keunggulan yang koomperatif pula. selain itu, juga dapat menjadi parameter yaitu, meningkatkan pendapatan suatu masyarakat, peningkatan lapangan kerja, dan pemerataan pendapatan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline