Lihat ke Halaman Asli

Icha Ibrahim

Mahasiswi

Alat Permainan Edukatif (APE) untuk Pengembangan Kognitif Anak

Diperbarui: 26 November 2021   21:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pada dasarnya perkembangan kognitif menjadi salah satu hal yang penting yang perlu dikembangkan pada anak. Pada tahap anak usia dini perkembangan kognitifnya sudah mulai bisa dikatakan terlihat apabila anak sudah mampu dalam berpikir dan menemukan solusi dalam memecahkan masalah, atau bahkan anak sudah bisa berpikir logika dan teliti.

Oleh karena itu, dalam membantu mengembangkan aspek perkembangan kognitif anak tersebut, maka kita perlu memberikan stimulus kepada anak melalui bermain dengan menggunakan alat permainan edukatif. Karena melalui bermain anak juga dapat melakukan suatu hal yang menyenangkan dan juga bisa sambal belajar, jadi sebagai orang tua maupun pendidik kita juga memerlukan yang Namanya media pembelajaran atau alat permainan yang dapat memberikan stimulus kepada anak.

Dalam pemilihan media pembelajaran untuk anak atau alat permainan edukatifnya, kita juga perlu melihat dan mengetahui bagaimana kriteria alat permainan edukatif untuk anak yang dapat merangsang aspek perkembangan anak tersebut, jadi tidak hanya asal memilih atau memberikan alat permainan yah teman-teman.

Nah, dalam kriterianya sendiri alat permainan edukatif ini sendiri tentunya harus aman bagi anak yah teman-teman, karena jika alat permainannya tidak aman atau dapat membahayakan anak maka sebaiknya jangan digunakan yah. Kemudian alat permainan tersebut tentunya harus dutujukan untuk anak usia dini sesuai usianya dan sesuai aspek perkembangan apa yang mau dikembangkan melalui alat permainannya itu. Tidak hanya itu yah teman-teman, alat permainan yang dipilih juga harus menarik agar bisa mendorong anak untuk bisa lebih semangat dalam belajar berkreasi dan beraktivitas.

Selain kriteria kita juga harus mengetahui jenis-jenis dari alat permainan itu sendiri, dari berbagai sumber yang ada jenis-jenis alat permainan sendiri bisa dibilang hampir 10 jenis permainan seperti yang sering kita lihat kaya puzzle misalnya, kemudian balok, kotak atau kartu atau mungkin bola dan sebagainya yang dapat digunakan dalam membantu aspek perkembangan anak.

Maka dapat kita pahami bahwasanya dalam pengembangan kognitif anak usia dini kita juga perlu mengetahui bagaimana kriteria, apa saja manfaatnya, dan juga jenisnya sesuai umur dan kebutuhan anak. Untuk itu bagi para orangtua hendaknya diperhatikan dengan bai kapa yang dibutuhkan anaknya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline