Lihat ke Halaman Asli

Nurapriliani

Mahasiswa Universitas Nasional.

Media Massa di Era Industri 4.0

Diperbarui: 7 Mei 2021   00:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Saat ini media massa sangat berkembang pesat. Pada saat ini media massa menjadi menjadi salah satu sarana penyampaian pesan atau informasi saat ini. Biasanya bisa melalui televisi, radio, surat kabar, dan media lainnnya. mari kita bahas tentang era industri 4.0 ini. 

Era industri 4.0 merupakan perubahan dimana cara memperoleh atau memproduksi barang yang dilakukan oleh tenaga mesin. Era Industri ini hadir untuk menjawab semua permasalahn yang ada dalam efisiensi penggunaan waktu dan efektifitas suatu barang atau produk. Salah satu dampak yang terlihat yang terjadi dari Era Industri 4.0 ini adalah berkurangnya memperbudayakan kinerja tenaga kerja manusia, karena semua pekerjaaan sudah tersusun secara otomatis pada Era Industri 4.0. 

Tetapi dengan menggunakan tenaga dari Era Industri 4.0 ini menjadikan tingkat efisiensi pengelolaan suatu barang atau produk lebih cepat. Manfaat ini bisa di rasakan oleh semua orang. Umumnya saat ini semua orang bisa mengakses internet untuk mencari informasi dimana saja dan kapan saja. Industri 4.0 ini akan mempengaruhi banyak bidang terutama seperti :

1. Model layanan dan bisnis.

2. Keandalan dan produktivitas berkelanjutan.

3. Keamnan TI

4. Keamanan Mesin.

5. Penjualan pabrik.

6. Siklus hidup produk.

7. Industri manufaktur 

8. Rantai nilai industri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline