Lihat ke Halaman Asli

Nur AnnisaBaldan

Mahasiswa Akuntansi Transfer FEB UNS

BisKita, Evolusi Transportasi di Kota Bogor

Diperbarui: 19 Desember 2021   06:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: dokumen pribadi - Jalan Pandu Raya Bogor

Di tengah pandemi Covid-19 yang sedang terjadi di Kota Bogor, Pemerintah Kota Bogor bermitra dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) secara resmi meluncurkkan layanan transportasi baru bernama BisKita Trans Pakuan. BisKita merupakan bagian dari program buy the service (BTS). Uji coba dan launching transportasi ini dilakukan di Balai Kota Bogor awal November lalu. Wali Kota Bogor, Bima Arya berharap bahwa adanya layanan baru ini dapat menjadi budaya dan kebiasaan baru warga Bogor agar menggunakan transportasi massal. Hal ini diamini oleh warga Kota Bogor, Sih Indri, yang menyatakan bahwa BisKita akan menjadi bentuk pengefisiensian transportasi di Kota Bogor, dikarenakan jumlah penumpang yang diangkut akan lebih banyak dibandingkan dengan angkot.

BisKita digadang-gadang menjadi moda transportasi pengganti angkutan kota (angkot) di Kota Bogor. Pemkot Bogor telah merencanakan dengan hadirnya 28 unit BisKita, maka operasional angkot akan diberhentikan sebanyak 147 unit. 

"Hadirnya BisKita di tengah pandemi ini dapat menjadi solusi untuk mengurangi kemacetan yang disebabkan banyaknya jumlah angkot, walaupun belum sepenuhnya warga Bogor yang mengetahui. Semoga kedepannya pelayanan dari angkutan massal ini dapat lebih baik lagi dan lebih merata dalam pemberlakuan jalur transportasi," ujar Nadhifa Amalia, salah seorang warga Kota Bogor. (18/12) 

Ilustrasi BisKita Trans Pakuan Kota Bogor

Adapun rute yang telah disediakan pemkot Bogor sebagai tempat mengaspalnya BisKita dapat dibagi sebagai berikut. 

Koridor 5 dengan rute Terminal Ciparigi -- Stasiun Bogor 

Kordidor 2 dengan rute Terminal Bubulak (via Cidangiang) -- Ciawi 

Koridor 1 dengan rute Terminal Bubulak -- Cidangiang 

Koridor 6 dengan rute Parung Banteng -- Air Mancur Bogor

Dilansir dari SuaraBogor.id, Wali Kota Bogor yang memiliki sapaan akrab Kang Bima ini mengatakan bahwa tarif BisKita akan segera diberlakukan apabila telah selesai masa uji coba hingga akhir tahun 2021. Sehingga bagi warga Kota Bogor yang ingin merasakan euforia keliling Kota Bogor dengan nol rupiah dapat menggunakan fasilitas BisKita yang menyediakan banyak Shelter di beberapa titik di Kota Bogor. "Kemungkinan besaran tarifnya akan diputuskan pada awal tahun 2022. Insya Allah ringan sekali, tidak memberatkan warga," kata Kang Bima. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline