Lihat ke Halaman Asli

Raih Akumulasi Kepuasan Sebesar 97,14%, Tim KKN Untidar Sukses Gelar Sosialisasi Digital Marketing di Desa Lesanpuro

Diperbarui: 30 Januari 2024   19:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Penyampaian Materi oleh Ibu Ivo Novitaningtyas, S.Par., M.M./Dokpri

Salah satu tim KKN Universitas Tidar, yaitu tim KKN Lesanpuro menggelar sosialisasi digital marketing untuk para pelaku UMKM di Desa Lesanpuro, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang (Senin, 28/01/2023). Mengangkat tema “Peningkatan Pengetahuan Pemanfaatan Digital Marketing untuk Pemasaran Produk UMKM di Desa Lesanpuro, Kec. Kajoran, Kab. Magelang” kegiatan ini telah terealisasi dengan lancar.

Kegiatan sosialisasi ini diinisiasi untuk menjawab kebutuhan dan permasalahan masyarakat Lesanpuro. Hasil observasi awal menunjukan bahwa masyarakat relatif mengalami kendala terkait pemasaran saat menjalankan bisnis. Selain itu, mayoritas para pelaku usaha juga belum merambah ke ranah pemasaran digital. Oleh karena itu, terwujudlah kegiatan sosialisasi ini dengan menghadirkan dosen prodi Manajemen Universitas Tidar, Ivo Novitaningtyas, S,Par., M.M. sebagai pemateri.

Sambutan pembuka disampaikan oleh Kepala Desa (Kades) Lesanpuro. Dalam sambutanya, beliau mengapresiasi dan menyampaikan harapan dari kegiatan sosialisasi ini. Beliau berharap kegiatan ini dapat menjadi jembatan yang bermanfaat bagi perekonomian dan ketahanan pangan masyarakat Lesanpuro.

“Terima kasih banyak untuk adik-adik KKN Untidar sudah mengadakan kegiatan sosialisasi ini. Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi ekonomi dan ketahanan pangan masyarakat desa Lesanpuro”, tutur Pak Taufiq selaku Kades Lesanpuro.

Antusias peserta juga tampak terlihat jelas. Selama kegiatan berlangsung, para peserta menyimak dengan baik. Bahkan mayoritas mencatat dan memotret materi yang disampaikan oleh pemateri. Di sesi diskusi pun mereka aktif bertanya. Salah satu penanya yaitu Ibu Siti Komaria. Beliau bertanya terkait strategi digital marketing untuk menarik minat beli konsumen terhadap produk usaha beliau.

“Saya Siti Komaria, pelaku UMKM dari Dusun Munggang. Mau tanya, bagaimana cara pemasaran digital agar konsumen tertarik dengan produk kita?”, tanya Ibu Siti Komaria kepada pemateri.

Pertanyaan tersebut pun dijawab dengan jelas dan detail oleh pemateri. Pada intinya untuk meningkatkan minat beli konsumen dalam pemasaran digital ada dua strategi penting, yaitu foto produk yang menarik dan strategi konten yang baik.

Setelah sesi diskusi berakhir, tim KKN Lesanpuro mengumpulkan feedback peserta. Hasilnya 97,14% merasa puas dan sangat puas dengan kegiatan ini. Sisanya sebesar 2,86% merasa netral. Berdasarkan hasil feedback tersebut juga tampak bahwa tingkat pengetahuan peserta terkait digital marketing mengalami peningkatan. Sebelum mengikuti kegiatan sosialisasi ini, rata-rata menyatakan tingkat pengetahuan mereka ada di angka 4,14 dari skala 1 sampai 10. Sedangkan setelah kegiatan ini meningkat sebesar 2,49 menjadi 6,63. Peningkatan tersebut harapannya dapat menjadi langkah awal solusi untuk mendorong UMKM Desa Lesanpuro menjadi lebih baik lagi.

img-20240128-113938-65b8f03b12d50f28d00a0182.jpg


Penulis : Tim KKN Lesanpuro – Universitas Tidar | Dosen Pembimbing Lapangan : Ir. Andriyatna Agung Kurniawan, S.T. M.Eng. IPM




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline