Lihat ke Halaman Asli

Suprihati

TERVERIFIKASI

Pembelajar alam penyuka cagar

Kuliner Bernuansa Bathok

Diperbarui: 18 Februari 2023   08:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kuliner Bernuansa Bathok (Dokumen pribadi)

Bathok alias tempurung kelapa, sahabat pembaca Kompasiana tentunya sudah mengenalnya. Lazim dibesut menjadi perangkat rumah tangga semisal siwur (gayung air) dan irus (sendok sayur). Memikat juga saat menjadi unggulan kuliner bernuansa bathok.

Sejumput kisah dari Sumatera Barat. Perjalanan kembali dari Batusangkar di sore gerimis, kami berhenti sejenak di Gugun Batuah. Pondok gorengan dan kawa daun.

Kawa daun Gugun Batuah (dokpri)

Kawa daun seduhan daun kopi yang disajikan panas mengepul dalam wadah tempurung kelapa yang menghitam beralaskan potongan buluh bambu. Rasanya tak terdefinisikan hanya bisa dicoba..... Sebagai teman minum tersedia aneka gorengan, sate dan ayam penyet.

Tempat singgah ini unik dan apik, memasang hiasan berupa sarang burung manyar berjajar bergantung, dengan pemandangan sawah berjenjang atau berteras. Terbayar sudah penasaran akan kawa daun dari postingan para sahabat.

Meneguk kawa daun menghadirkan sendu sekaligus syukur. Bumi pertiwi menghasilkan bulir kopi melimpah. Saat itu, kaum pribumi tak mampu menikmatinya. Rela melayukan dan fermentasi daun kopi dan menyeruput seduhannya.

Pola ini direplikasi oleh produk Dakobar, daun kopi Banaran. Hasil fermentasi daun kopi layaknya seduhan teh. Kalau ini tentunya bukan keterpaksaan namun rupa kreativitas.

Menyemat kenangan dari Sumatera Utara. Kopi bathok hangat dinikmati di pagi hari. Saujana Danau Toba menemaninya. Sejauh mata memandang terlihat biru kemilau Toba.

Kopi bathok dan saujana danau Toba (dokpri)

Secuil kenangan di Parapat Inn. Melengkapi kawa daun dalam wadhah bathok di Gugun Batuah. Kini kopi bathok menyegarkan kerongkongan di Tana Toba.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline