Lihat ke Halaman Asli

Sikap Kerja

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sikap kerja adalah keyakinan-keyakinan yang mengandung aspek kognitif, behavior, dan afektif yang merupakan kesiapan metal psikologi untuk mereaksi dan bertindak secara positif atau negatif terhadap suatu objek. Dalam sikap kerja yang mempengaruhi dalam kinerja kerja ada 3 yaitu :



  1. Sikap terhadap organisasi


  2. Sikap terhadap pekerjaan


  3. Sikap terhadap rekan kerja

Di sini saya akan membahas apa itu sikap terhadap organisasi, sikap terhadap pekerjaan, dan sikap terhadap rekan kerja :

1. Sikap terhadap organisasi adalah komitmen untuk terus bertahan di dalam suatu organisasi atau pekerjaan. Komitmen tersebut berupa ikatan antara seseorang dengan organisasi. Komitmen dalam organisasi di bagi menjadi 3 yaitu :



  • Affective comitmen

    Yaitu seorang karyawan yang bertahan dalam suatu organisasi karena memang suka dengan organisasi tersebut.


  • Continuance Comitmen

    Yaitu seorang karyawan yang bertahan dalam suatu oraganisasi karena mengganggap jika ia keluar dari oraganisasi tersebut akan membuat ia mengeluarkan banyak dana


  • Normative Comitmen

    Yaitu seorang karyawan yang bertahan dalam suatu organisasi karena tanggung jawab sosial (balas budi)

2. sikap terhadap pekerjaan

adalah saat seseorang bekerja di satu bidang yang benar-benar ia senangi maka kinerja orang tersebut akan baik karena di dorong oleh rasa nyaman dan kepuasan dalam bekerja. Tetapi, saat seseorang bekerja di bidang yang tidak ia senangi maka akan membuat kinerja orang tersebut tidak maksimal.

3. Sikap terhadap rekan kerja

Sikap terhadap rekan kerja di pengaruhi oleh prasangka. Prasangka itu sendiri adalah sebuah sikap yang biasanya bersifat negatif terhadap suatu kelompok sosial tertentu yang semata-mata bedasarkan keangotaan mereka dalam anggota kelompok sosial. Perwujudan prasangka adalah dengan diskriminasi. Diskriminasi adalah sikap negatif terhadap suatu anggota organisasi yang menjadi objek prasangka. Sikap seperti itu mempengaruhi kinerja seseorang karena dengan adanya diskriminasi maka akan menimbulkan rasa iri antara satu individu dengan individu lainnya yang dapat mempegaruhi kinerja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline