Lihat ke Halaman Asli

Nova Kaira

Suka Makan

Belajar Internet Marketing di Era Digital

Diperbarui: 14 Juni 2019   16:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

cl.cam.ac.uk

Digital marketing atau online marketing atau internet marketing adalah istilah pemasaran melalui internet yang semakin mulai sedikit demi sedikit menggeser bisnis konvesional, bahkan jual beli melalui media online semakin digandrungi oleh semua kalangan dari anak-anak, muda bahkan yang tua pun juga gila belanja melalui internet.

Bila kita sedikit melihat beberapa tahun silam masih banyak yang takut dengan jual beli melalui internet karena mereka masih kawatir karena banyaknya penipuan melalui jual beli online.  Namun setelah semakin berkembangnya teknologi jual beli melalui internet masyarakat mulai berbondong-bondong mengkuti gaya hidup untuk belanja melalui internet.

Nah sebagai penjual melalui internet ada 4 strategi pemasaran digital marketing yang wajib dilakukan untuk membuat para calon pembeli dan pelanggan kamu tetap percaya dan nyaman untuk belanja online di toko online atau onlineshop kamu.

1. Buat Website

Sebagai penjual online kamu wajib punya website untuk tujuan komersil menampilkan semua produk yang kamu jual dan company profile. Untuk membuat website sebenarnya tidaklah sulit karena sekarang banyak sekali para developer website yang menyediakan pembuatan website bagi UKM dan Onlineshop dengan budget pembuatan website yang murah mulai dari 400rb untuk company profile dan beberapa tampilan katalog produk sampai dengan website profesional dengan harga yang bisa disesuaikan dengan anggaran pembuatan website kamu.

2. Buat Akun Sosial Media

Selain website kamu wajib punya sosial media seperti Facebook, Instagram, Line, Youtube Whatsapp dan lainnya. Dengan memiliki sosial media kamu bisa langsung terhubung dengan calon pembeli dan pelanggan kamu melalui percakapan face to face, dengan tujuan mempermudah pelanggan kamu untuk bisa langsung bertanya seputar harga, spesifikasi dan biaya kirim juga hal lainnya yang bisa dilakukan antara pembeli dan penjual.

Tips:   Memiliki sosial media dengan jumlah Follower atau Like atau Subscribe yang banyak, juga akan menambah rasa percaya bagi siapa saja calon pelanggan kamu atau pembeli. Secara emosional semua pelanggan yang melihat jumlah follower yang banyak beranggapan kalau produk yang kamu jual banyak diminati orang dan terpercaya.

3. Jualan di Marketplace

Selain punya website, sosial media kamu juga wajib bergabung dengan market place.

Apa itu marketplace ?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline