Lihat ke Halaman Asli

Noenky Nurhayati

TERVERIFIKASI

Kepala sekolah, Pendongeng, Guru Dan trainer guru

Menghadiri Megahnya Peresmian Perpustakaan Provinsi Lampung

Diperbarui: 2 Mei 2024   21:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

NOENKY PRIBADI

Setelah menunggu sekian lama dan bertanda tanya akan seperti apa megahnya Gedung Perpustakaan Lampung, secara resmi hari ini Perpustakaan Lampung telah diresmikan secara langsung oleh Bapak Gubernur Arinal Djunaidi. Dalam peresmiannya beliau menyampaikan bahwa beliau siap mendukung minat dan kegemaran membaca Masyarakat Lampung. Hampir seluruh pegiat literasi hadir dan diundang pada peresmian Gedung Perpustakaan Lampung hari ini, termasuk komunitas Kampung Dongeng. 

Upaya pengembangan layanan perpustakaan Lampung memang terlihat sangat megah dan representative. Hal ini berdasarkan pandangan dari Deputi Bidang Pengembang Sumber Daya Perpustakaan RI Bapak Adin Bondar yang ikut mengapresiasi pemerintah Propinsi Lampung atas gagasan yang sangat luar bias aini. 

Beliau juga menyebutkan bahwa di Indonesia, hanya ada beberapa Propinsi yang memiliki layanan fasilitas perpustakaan semegah ini. Diantaranya yang beliau sebutkan adalah Sulawesi Tengah, Riau, DKI Jakarta dan Lampung. Tak lupa beliau juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Bapak Gubernur Lampung karena telah membangun layanan fasailitas perpustakaan yang megah.

Hadir secara langsung dalam peresmian Perpustakaan Lampung, Deputi Bidang Pengembang Sumber Daya Perpustakaan RI Bapak Adin Bondar sangat menyambut baik kebijakan-kebijakan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Propinsi Lampung dalam Upaya peningkatan kegemaran membaca dan literasi di Tengah Masyarakat yang mengalami gempuran teknologi dan gadget.

Lokasi Gedung Perpustakaan atau Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Lampung berlokasi di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No. 52, Bandar Lampung. Selain Deputi Bidang Pengembang Sumber Daya Perpustakaan RI Bapak Adin Bondar, hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi lampung, Bapak Riski Sofyan yang menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini maka diupayakan untuk mendukung eksistensi dan keberadaan perpustakaan serta mampu menumbuh kembangkan minat dan kegemaran membaca di provinsi Lampung.

Selain meresmikan Perpustakaan Propinsi Lampung, Bapak Gubernur Lampung juga membuka Festival Literasi Tahun 2024 di Gedung Perpustakaan Provinsi Lampung. Dengan mengangkat tema "Perpustakaan bertransformasi, Literasi maju, Lampung Berjaya", Gedung perpustakaan Lampung ini diresmikan bertepatan juga dengan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) Tahun 2024.

 Rasanya hal ini menjadi sangat sejalan dalam rangka untuk melestarikan budaya daerah maupun local sekaligus mendukung minat Masyarakat dalam memperluas wawasan dan pengetahuan dengan berliterasi.

Festival Literasi Tahun 2024 ini dilaksanakan mulai dari tanggal 2-3 Mei 2024. Pada peresmian ini dimeriahkan juga dengan kegiatan Talk show literasi, Book fair, pameran inklusi social, Donor Darah dan cek Kesehatan gratis.

Sebagai bentuk kepedulian dan menjalin Kerjasama dengan mitra yang lebih luas, pada kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian Kerjasama antara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung, Bapak Risky Sofyan dengan berbagai Perguruan Tinggi yang hadir di peresmian Perpustakaan Daerah tentang bagaimana pemanfaatan Perpustakaan Daerah Propinsi Lampung. 

Selain itu hadir pula banyak tamu undangan seperti Sekretaris Daerah Propinsi Lampung bapak Fahrizal Darminto, Anggota DPRD Lampung, Ibu Apriliati, Budayawan Lampung Bapak Anshori Djausal yang juga menyampaikan materi talk show, serta para kepala OPD Propinsi Lampung dan Bunda Literasi yang berasal dari Kabupaten maupun kota.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline