Lihat ke Halaman Asli

Noenky Nurhayati

TERVERIFIKASI

Kepala sekolah, Pendongeng, Guru Dan trainer guru

"Memanaskan Mesin" Diri Menyambut Ramadhan 1444 H dengan Kirab Ramadhan Bersama SDN Baru Ranji

Diperbarui: 9 Maret 2024   23:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

NOENKY PRIBADI

Menjelang bulan suci Ramadhan yang tinggal menghitung jam, berbagai persiapan telah dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan. Sejumlah persiapan mulai dari persiapan fisik untuk puasa, memperdalam ilmu dan pengetahuan agama, hingga persiapan kebutuhan ramadhan sehari-hari pun perlu dilakukan agar ibadah puasa dapat dijalani dengan khidmat.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat islam di dunia khususnya bagi muslim. Karena di bulan ramdhan inilah segala amal ibadah yang dilakukan akan dilipat gandakan oleh Alloh SWT.

NOENKY PRIBADI

Pada bulan yang disebut sebagai bulan penuh berkah ini, umat muslim diajarkan untuk dapat melatih kesabaran dan menahan berbagai macam godaan. Dengan melatih kesabaran maka setiap insan dapat menjadi hamba yang bertakwa di hadapan Alloh SWT, InsyaAlloh. Karenanya tak heran jika banyak orang yang secara khusus mempersiapkan banyak hal untuk menyambut bulan nan suci ini.

Bulan puasa, biar bagaimanapun, tidak semata dilakukan hanya untuk menahan lapar-haus hingga ego, tetapi puasa juga merupakan ibadah fisik dan mental. Ibarat sebuah kendaraan yang akan beroperasi, tubuh ini sudah lebih dulu dipanaskan sebelum dipersiapkan berjalan di bulan puasa 30 hari ke depan.

NOENKY PRIBADI

Melakukan persiapan dalam menyambut bulan puasa tidak hanya tentang hal-hal yang bersifat material semata, tetapi juga harus didukung oleh konsep spiritual yang benar-benar terprogram. Artinya, bahwa sebagi muslim semaksimal mungkin kita harus mempersiapkan diri dan Rohani untuk menyongsong datangnya bulan ramdhan. Istilahnya "memanaskan mesin" untuk menyongsong ramdhan menjadi suatu hal yang mesti dilakukan. Jadi, setelah nanti masuk Ramadan, kita jadi bisa makin khidmat dalam beribadah.

NOENKY PRIBADI

Salah satu persiapan dalam menyambut bulan suci Ramadhan yang dilakukan oleh siswa-siswi SD N Baru Ranji adalah dengan melaksankan kirab Ramadhan pada hari ini, Sabtu, 09 Maret 2024.

Kirab Ramadhan SD N BARU RANJI dilaksanakan dalam rangka menyambut bulan suci secara suka cita. Kirab Ramadhan yang diselenggarakan oleh SD N BARU RANJI melibatkan seluruh siswa-siswi, guru dan staf sekolah serta masyarakat setempat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline