Lihat ke Halaman Asli

Nita Juniarti

Seorang Perempuan

Rumah Tanpa Selingkuh

Diperbarui: 16 September 2020   19:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Jadilah Rumah tempat pulang,  agar perselingkuhan Tak terjadi

Selingkuh itu rasanya punya pengertian yang amat kabur. Apakah ketika ada sepasang suami istri yang sudah lama menikah lalu si suami/ si istri dekat dengan pihak ketiga adalah selingkuh? Atau bagaimana?

Saya bukan ahli membahas hal ini namun yang sering terjadi adalah perselingkuhan terjadi karena adanya rasa nyaman pada orang lain di luar dari kekasih. Bisa juga karena rasa bosan dengan kekasih dan menemukan hal yang lebih menarik dari diri orang lain ketimbang yang dipunyai oleh sang kekasih. Mungkin ini juga analisa yang kabur dan dangkal. Bagaimana sih ciri-ciri berselingkuh itu?

1. Merasa tertarik dan ingin dekat
Perselingkuhan jenis ini sering sekali terjadi di lingkungan kantor. Terutama untuk pekerja yang LDRan dengan kekasihnya. Ketika ada teman kantor yang perhatian, semisal menunggu untuk pulang bareng, makan malam bersama dan merasa ada rasa rindu saat tak bertemu. Waspadalah segera, jangan-jangan hati sudah mendua.

2. Memberi perhatian khusus
Ini bukan persoalan geer ya. Jika ada beberapa rekan kerja dan salah satu rekan yang perhatiannya lebih khusus dari pada yang lain, maka segera waspada terutama jika memiliki kekasih, jangan-jangan nanti terjebak pada rasa karena perhatian khusus tersebut.

3. Mulai terbuka dan kepo pada hal pribadi
Jika hanya rekan kerja biasa, kebayakan orang tidak akan membuka dirinya untuk hal paling pribadi namun jika sudah mulai kepo dan mulai ada yang curhat salah satunya maka bisa jadi hal ini akan mengarahkan pada perselingkuhan.

4. Bersama sehingga dilema
Kebayakan perselingkuhan terjadi karena sering bersama, mengerjakan pekerjaan bersama, tugas kantor atau hal yang akhirnya membuat nyaman hingga dilema karena sama-sama masih memiliki kekasih diluar sana.

Profesi apa saja yang rawan berselingkuh?

Hampir semua profesi yang mempunyai celah nyaman dan kesepian mempunyai potensi untuk berselingkuh. Maka hati-hati selalu sebab sejak jaman dahulu kala perselingkuhan terbukti merusak tatanan masyarakat dengan berakhirnya sebuah keluarga dan anak tidak dipedulikan.

Tips menghindari perselingkuhan :
1.  Ingatlah Tuhan dan perjuangan saat menikah dahulu
2. Cek kehidupan keluarga apakah monoton yang merujuk pada kegiatan itu saja dan tidak pernah memperbaharui hubungan asmara selama menikah.
3. Harus tetap tampil yang terbaik di depan pasangan meskipun sudah menjalani hubungan puluhan tahun lamanya.
4. Berusaha jadi pembelajar setiap harinya. Kadangkala pasangan yang sudah lama menikah merasa sudah hafal tabiat kekasihnya sehingga selalu lupa mempelajari hal-hal penting dari kekasihnya.

Perselingkuhan akan jarang terjadi jika kita menjadikan diri kita sebagai rumah bagi diri sendiri dan orang yang kita cintai. Rumah yang bagaimana? Tempat semua lelah diluapkan, tempat bercerita, tempat segala nyaman dan tempat untuk pulang yang selalu dirindukan saat di luar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline