Lihat ke Halaman Asli

Khairunisa Maslichul

TERVERIFIKASI

Profesional

Cara Hemat Liburan yang Ramah Lingkungan

Diperbarui: 15 Oktober 2021   14:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Yuk lakukan tiga hal berikut agar liburan yang hemat sekaligus ramah lingkungan bisa menjadi kenyataan (Ilustrasi: biofriendlyplanet.com)


Selain lebih sadar kesehatan, pandemi juga membuat banyak orang semakin berhati-hati dalam pengeluaran. Situasi ekonomi yang tak pasti selama pandemi otomatis berakibat pada tak stabilnya kondisi keuangan banyak orang.

Contoh sederhananya yaitu anggaran untuk liburan dan makan di luar rumah. Sejak pandemi, mayoritas orang lebih berhemat untuk kebutuhan mulai dari primer, sekunder, dan tersier.

Setelah 1.5 tahun kita mengalami pandemi dengan WFH, pasti kangen (banget) kan ya untuk bisa lebih menikmati hidup? Terlebih lagi, saat ini masyarakat di Indonesia sudah banyak yang divaksin sehingga lebih kuat dan sehat untuk berjalan-jalan.

Nah, kini kita tetap bisa liburan yang menyenangkan namun hemat pengeluaran sekaligus sambil tetap menjaga kelestarian lingkungan lho. Jadi sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Sebelum pandemi, kita bisa berlama-lama di tempat wisata, termasuk saat menikmati wisata kuliner di dalamnya.  Namun, sekarang, waktu dan jumlah kunjungan wisatawan masih banyak yang dibatasi, tak terkecuali dengan memesan makanan yang lalu dibawa pulang.

Konsekuensinya, sampah plastik bekas wadah kemasan makanan dan minuman di lokasi wisata meningkat dengan pelancong tak makan di tempat. Padahal, hal tersebut bisa disiasati dengan berbagai cara yang ramah di kantong dan juga lingkungan.

Maka inilah 3 (tiga) cara hemat saat jalan-jalan yang turut mendukung keberlanjutan lingkungan hidup. Selamat menjalaninya segera ya.

Jelajahi Lokasi Wisata Lokal

Sebelum pandemi, saya sempat merencanakan liburan di luar kota tempat saya tinggal selama ini bersama keluarga. Tentu saja, pandemi membatalkan rencana itu karena adanya aturan pembatasan sejumlah kegiatan di luar rumah

Siapa sangka, di daerah sekitar saya tinggal, ternyata masih ada lokasi wisata alam yang belum terjamah. Mereka antara lain hutan kota dan air terjun (curug).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline